Ads Banner

Asesmen Menulis

Asesmen Menulis
Asesmen Menulis

Pengertian Asesmen

Asesmen berasal dari Bahasa Inggris to asses (menaksir). Istilah menaksir mengandung makna deskriptif atau menggambarkan sesuatu, sehingga sifat atau cara kerja asesmen sangat komprehensif.


Beberapa pengertian asesmen menurut para ahli diantaranya :
Wallace & Longlin (1979), asesmen merupakan suatu proses sistematis dengan menggunakan instrument yang sesuai untuk mengetahui perilaku belajar, penempatan, dan pembelajaran

Lidz (2003), asesmen merupakan proses pengumpulan informasi untuk mendapatkan profil psikologis anak, meliputi gejala dan intensitasnya, kendala-kendala yang dialami, kelebihan dan kelemahannya serta peran pendukung yang dibutuhkan anak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa asesmen merupakan proses sistematis yang komprehensif, berupa informasi/data/fakta untuk mengetahui gejala dan intensitasnya, kendala-kendala yang dialami serta kekuatan dan kelemahan anak yang dapat dijadikan acuan dalam penyusunan program pembelajaran sesuai kenyataan dan objektif

Asesmen menulis

Asesmen menulis merupakan suatu proses dalam memperoleh informasi tentang penguasaan keterampilan menulis yang telah dimiliki siswa saat ini serta untuk menemukan kesulitan dan hambatan dalam mempelajari keterampilan menulis yang dialaminya.

Adapun tujuan dari asesmen kemampuan menulis adalah untuk mengetahui gambaran secara menyeluruh keterampilan menulis apa yang telah dikuasai dan apa yang belum dikuasai siswa. Dengan demikian hasil asesmen dapat dijadikan bahan dalam menyusun program pembelajaran bagi siswa yang bersangkutan. 

Ruang lingkup assesmen menulis meliputi: 
1) Kemampuan prewriting atau menulis permulaan, terdiri dari:
a. Menarik garis : menjiplak garis, menebalkan garis, menghubungkan titik-titik, meniru, membuat garis sederhana berbentuk vertical, horizontal, diagonal dan lengkung
b. Menjiplak bentuk dasar huruf dan angka
c. Kemampuan imitasi atau meniru menuliskan huruf dan angka


2) Kemampuan menulis lanjut atau mengarang, disesuaikan dengan usia, untuk siswa kelas 3 Sekolah Dasar (9 tahun) sebanyak 100-149 kata dengan indicator penilaian sebagai berikut :

a. Fluency, yaitu jumlah kata yang diekspresikan pada setiap kalimat, jumlah kata sejalan dengan usia (9 tahun = 9 kata)
b. Vocabulary, yaitu variasi kata yang diekspresikan dalam satu kalimat tidak menggunakan dua kata pada setiap kalimatnya
c. Struktur, aspek mekanis (penggunaan tanda baca)
d. Konten, yaitu isi gagasan atau pesan yang disampaikan, meliputi :
Ø Ketepatan (topic dan isi serta hubungan dengan objek)
Ø Kekayaan ide, originalitas karangan
Ø Organisasi : alur berpikir sistematis


Prosedur Pelaksanaan Asesmen Kemampuan Menulis

Teknik pengumpulan data lebih menekankan pada tes dan observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kemampuan menulis siswa. Data primer diperoleh melalui tes dan observasi secara langsung, selanjutnya diperkuat dengan data sekunder yang diperoleh dari wawancara dengan pihak terkait (orang tua dan guru kelas) serta penelusuran dokumen laporan perkembangan siswa. Setelah semua data terkumpul dilakukan triangulasi data untuk memperoleh kesimpulan dari semua data yang terkumpul.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan asesmen kemampuan menulis ini diantaranya:
1. Menentukan ruang lingkup asesmen menulis
2. Mengembangkan ruang lingkup menjadi beberapa aspek yang harus dikuasai siswa sesuai ruang lingkupnya
3. Menyusumbangn kisi-kisi asesmen menulis
4. Mengembangkan butir asesmen menulis
5. Melakukan proses dan menganalisa hasil
6. Menentukan rekomendasi dan program pembelajaran yang sesuai

Penulis : Lina DS

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar