Ads Banner

7 (Tujuh) Jenis Kecerdasan

7 (Tujuh) Jenis Kecerdasan
7 (Tujuh) Jenis Kecerdasan
Apakah anda tahu ada 7 jenis kecerdasan yang dimiliki pada tiap manusia? Kalau belum tahu, anda wajib membaca postingan ini.. 

7 jenis kecerdasan itu antara lain :
Kecerdasan
  1. Linguistik Verbal, Kecerdasan yang biasanya dipakai institusi pendidikan untuk mengukur IQ seseorang.
  2. Numerik, Kecerdasan yang berhubungan angka atau matematika.
  3. Spasial, Kecerdasan yang berhubungan dengan kreatifitas seperti kesenian, desain, dsb.
  4. Fisik, Kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan fisik, seperti para atlet olah raga, dsb, termasuk juga orang yang cepat belajar dengan cara melihat, menyentuh, mengerjakan sesuatu secara langsung.
  5. Lingkungan, kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang yang mampu berhubungan dengan alam. Misalnya pelatih binatang.
  6. Interpersonal, Kecerdasan yang dimiliki oleh orang yang mampu berbicara dan berkomunikasi dengan mudah dengan orang lain.
  7. Intrapersonal, Kecerdasan ini sering disebut dengan kecerdasan emosi, atau emotional intelegence, yaitu kemampuan seseorang untuk mengendalikan atau mengatur dirinya sendiri. Bahkan ada yang mengatakan kecerdasan emosi adalah yang terpenting dari kecerdasan lainnya. Hal ini terbutkti bahwa banyak sekali orang yang sukses bukan karena IQ-nya yang tinggi, tapi karena kecerdasan emosinya yang sangat baik.
Hal yang ingin saya sampaikan sebenarnya adalah, jika anda menginginkan anak anda tumbuh menjadi cerdas, anda perlu melihat dengan seksama, kecerdasan seperti apa yang dimiliki secara alami oleh anak anda. Tentunya tidak mudah untuk menemukannya pada waktu yang singkat, karena seorang anak bisa memiliki berbagai kecerdasan sekaligus. Contohnya, seorang arsitek. kenapa seorang arsitek dikatakan memiliki berbagai macam kecerdasan sekaligus? karena tentunya seorang arsitek memiliki IQ yang tinggi (no. 1), memiliki kemampuan menghitung (no. 2) yang digunakan untuk menghitung luas, bahan, beban dll.,dan terakhir memiliki kecerdasan spasial yang digunakannya dalam mendesain sesuatu.

Berdasarkan keterangan di atas, berilah kesempatan kepada anak anda untuk melakukan sebanyak mungkin kegiatan yang bervariasi, sehingga dia menemukan kegiatan yang paling sesuai untuk dirinya. Selain itu jangan bosan-bosan untuk melatih kecerdasan emosi anak sejak dini. Misalnya, memberi kesempatan kepada anak untuk kecewa, seperti tidak selalu menuruti segala kemauannya, tetapi yang lebih penting disini adalah kemampuan orang tua dalam mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengatasi rasa kecewa tersebut. Jika anda salah dalam melakukannya, anda justru merusak kecerdasan emosi anak anda. 

Ada satu hal yang perlu anda ketahui. "Janganlah membanding-bandingkan anak anda dengan anak lain!" Karena hal ini akan menghambat kecerdasan anak anda. Setiap anak pasti mempunyai kelebihan dari anak lain. Lihatlah selalu kelebihan anak anda, dan jangan terfokus pada kelemahannya. Pada dasarnya semua anak dilahirkan dalam keadaan sangat cerdas, Sikap dan pengetahuan serta kemampuan orang tua dalam mendidik anak yang sangat menentukan apakah kecerdasan anak akan semakin berkembang atau justru semakin terkubur tanpa sempat melihat.

Semoga bermanfaat. Baca Juga Pengaruh Labeling Terhadap Anak

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar