Ads Banner

Dokumentasi Pelaksanaan Pramuka ABK Ciamis 2012

Dokumentasi Pelaksanaan Pramuka ABK Ciamis 2012
Dokumentasi Pelaksanaan Pramuka ABK Ciamis 2012
Pramuka Anak Berkebutuhan KHusus Ciamis 2012

Info [K-moe]Gerakan Praja Muda Karana adalah organisasi kepemudaan yang berorientasi kepada pengabdian kepadaNegara. Tujuan dari Gerakan Pramuka mendidik dan membina kaum muda Indonesia guna mengembangkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisiknya untuk menjadi generasi muda Indonesia yang baik. Begitu pula dengan Anak Berkebutuhan Khusus, mereka perlu mendapatkan pendidikan karakter yang mampu mengembangkan mental, moral, spritual, emosial, sosial, intelektual, dan fisiknya sehingga diharapkan berdampak positif terhadap kepribadian dan kehidupannya.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, khususnya Bidang Pendidikan Luar Biasa yaitu dengan diselenggarakan nya kegiatan yang bertajuk Pramuka SLB Sejati 2012/Pramuka SLB Ayo Bangkit dan dilaksanakan per Wilayah/Gugus termasuk kegiatan pramuka yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu di Pangandaran Ciamis Jawa Barat pada hari Jum'at 19-21 Oktober 2012 Wilayah Priangan Timur yang diikuti beberapa kabupaten dan kota seperti Kab. Garut, Kota dan Kab. Tasikmalaya, Kab. Ciamis, dan Kota Banjar yang terdiri dari Gugus 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 48, dan gugus 49 dengan keseluruhan jumlah peserta sebanyak 350 orang.

Pelaksanaan pertemuan pramuka anak berkebutuhan khusus tersebut bermaksud untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa janji Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan para Pramuka Anak Berkebutuhan Khusus.Selain itu pramuka anak berkebutuhan khusus juga dilaksanakan untuk :

  1. Meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuannya, serta semangat untuk maju terus pantang putus asa sesuai dengan kemampuan yang ada bagi anak berkebutuhan khusus.
  2. Meningkatkan disiplin pribadi, rasa tanggung jawab dan kesetian terhadap regunya, pasukannya dan gugus depannya dalam mempertahankan prestasi dan prestise.
  3. Meningkatkan pemahaman dan penghayatan semangat kepramukaan, dengan system beregu dan system among dalam menumbuhkan kerukunan, kekompakan, gotong royong dan rasa setia kawan antar peserta pramuka.
  4. Memperoleh tambahan pengetahuan, keterampilan dan hubungan atau teman serta kenangan hidup yang indah dan memuaskan.

Tujuan pelaksanaan pramuka tersebut ternyata terbukti, anak-anak antusias mengikuti kegiatan pramuka. Bahkan pada acara pentas seni banyak orang yang merasa tergugah hatinya, terharu, bangga, kagum melihat mereka berkarya dibalik kekurangan dan keterbatasan mereka.

Dokumentasi Kegiatan Pertemuan Pramuka ABK 2012

Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran
Pramuka ABK di Pangandaran

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar