Ads Banner

Guru Adalah Kunci Keberhasilan Pendidikan Berkarakter Di Sekolah

Guru Adalah Kunci Keberhasilan Pendidikan Berkarakter Di Sekolah
Guru Adalah Kunci Keberhasilan Pendidikan Berkarakter Di Sekolah

Pendidikan
Pendidikan karakter, sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tapi dirumah dan di lingkungan sosial. Pendidikan berkarakter bukan hanya diperlukan oleh peserta didik tetapi juga para pendidik (guru) karena Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Masih ingatkah dengan berita yang pernah beredar isu terdapat siswa SMP yang melakukan perbuatan mesum di kelas dengan ditonton teman-temannya? Bagaimana sikap anda menanggapinya?

Menurut saya itu karena masih belum optimalnya pendidikan berkarakter yang diimplementasikan guru. Sebagai contoh misalnya, Guru mengajarkan makan dan minum tidak boleh berdiri, tatapi gurunya sendiri makan dan minum sambil berdiri, guru mengajarkan jangan menyontek, tetapi gurunya sendiri menyontek bila ada ujian kompetensi, guru mengajarkan kejujuran, tetapi gurunya sendiri suka berbohong. Saya pernah baca dibeberapa artikel, tapi saya lupa dimana, tentang kejujuran ini. Ada seorang guru yang berbohong menuduh siswanya mencuri pada saat ulang tahun siswanya itu. Ini dilakukan di sekolah dan disepakati oleh guru dan teman-temannya. Alasannya untuk memberi kejutan di hari ulangtahun siswanya itu. Namun ternyata yang didapat adalah siswanya langsung masuk rumah sakit karena jantungan mendengar tuduhan guru dan teman-temannya itu..Ironis sekali seorang guru bisa seperti ini. Apakah ada metode pembelajaran seperti itu???? Tentu tidak ada. 

So pendidikan berkarakter tidak akan berhasil ketika sang guru tidak berkarakter. Tetapi insyaalloh apabila Guru yang memiliki sifat positif terhadap siswa. Yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam pengetahuan yang dia ajarkan disekolah, maka pendidikan berkarakter akan tertanam pada diri siswa.

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar