Ads Banner

Dampak Ketunarunguan

Dampak Ketunarunguan
Dampak Ketunarunguan
Ilustrasi Dampak Ketunarunguan
Ilustrasi Dampak Ketunarunguan

Pendengaran merupakan sensori terpenting untuk perkembangan bicara dan bahasa, berkomunikasi dan belajar. Kehilangan pendengaran terjadi sejak lahir, dampaknya lebih serius terhadap perkembangan anak.

Kapan ketunarunguan mulai diketahui dan intervensi yang diberikan terlambat memiliki dampak yang serius terhadap perkembangan anak.

Dampak kehilangan pendengaran terhadap perkembangan anak

  1. Terlambatnya perkembangan keterampilan dalam berkomunikasi (bicara dan bahasa) secara receptif maupun ekspresif.
  2. Keterbatasan bahasa menyebabkan masalah dalam belajar sehingga rendahnya prestasi belajar. Kesulitan berkomunikasi cenderung mengarah kepada terisolasi dan rendahnya konsep diri. "Bagaimana gambaran kita pada diri kita sendiri." gambaran diri mencakup diri psikologis, diri fisik, diri spiritual, diri sosial, dan diri intelektual. Dengan demikian konsep diri merupakan persepsi kita pada bagian-bagian tadi untuk dipadukan dan membentuk keseluruhan gambaran.
  3. Keterbatasan berbahasa berdampak pada kesempatan mendapat peluang bekerja.

Dampak Utama Ketunarunguan Pada Perkembangan Anak

Dampak utama ketunarunguan pada perkembangan anak adalah dalam bidang bahasa dan ujaran (speech). Kita perlu membedakan antara bahasa (sistem utama yang kita pergunakan untuk berkomunikasi) dan ujaran (bentuk komunikasi yang paling sering dipergunakan oleh orang yang dapat mendengar). Besar kecilnya hambatan perkembangan bahasa dan ujaran anak tunarungu tergantung pada karakteristik kehilangan pendengarannya. Hambatan tersebut dapat mengakibatkan kesulitan dalam belajar disekolah dan dalam berkomunikasi dengan orang yang dapat mendengar/berbicara sehingga berdampak pada perkembangan sosial dan keragaman pengalamannya kurang.

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar