Ads Banner

Ciri-Ciri Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan

Ciri-Ciri Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan
Ciri-Ciri Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan
Anak Tunagrahita Ringan
Ciri-Ciri Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan

Mengenal Anak Tunagrahita Ringan

Anak tunagrahita terdiri dari beberapa klasifikasi, diantaranya anak tunagrahita ringan, sedang dan berat. Pengenalan ciri-ciri/karakteristik anak berkebutuhan khusus yang diantaranya anak tunagrahita ringan sangat berguna untuk lebih memudahkan orang tua ataupun guru dalam menyusun program, memberikan pelayanan dan bimbingan. Oleh karena itu baik orang tua atau pun guru perlu memahami karakteristik anak tunagrahita ringan. Amin dengan Entang (1984:25) mengemukakan tentang karakteristik Anak Tunagrahita Ringan sebagai berikut :

Ciri-Ciri Karakteristik Anak Tunagrahita Ringan

a. Karakteritik Mental

Mereka dapat menunjukkan kecenderungan menjawab dengan ulang respon terhadap pertanyaan yang berbeda, tidak mampu mendeteksi kesalahan-kesalahan dalam persualisasi dan mengalami kesulitan dalam konsentrasi.

b. Karakteristik Fisik

Bagi mereka yang mengalami keterbelakangan ringan sebagian besar tidak mengalami kelainan fisik.

c. Karakteristik Sosial-Emosi

Minat permainan mereka lebih cocok dengan anak yang sama usia mentalnya dari pada usia kronologisnya. Memiliki problem sosial dan tingkah laku agak nakal dari pada anak normal intelegensinya. Anak tunagrahita cenderung menarik diri, acuh tak acuh dan mudah bingung. Tidak jarang dari mereka mudah dipengaruhi sebab mereka tidak dapat memikirkan akibat tindakannya. Kemampuan bersosialisasi ini akan lebih berkembang apabila mereka memperoleh lingkungan yang mendukung keberadaan mereka. Maksudnya mereka tidak jadi kelompok minoritas dari anggota atau dihilangkan karena mereka dianggap tidak mampu.

d. Karakteristik Belajar/Akademik

Kemampuan belajar mereka rendah dan lambat bagi mereka yang tergolong ringan, masih dapat diberikan mata pelajaran akademik ( menulis, membaca, berhitung ) dan sebagainya.

e. Karakteristik Pekerjaan

Yang dapat ditunjukan untuk dapat bekerja hanya mereka yang tergolong ringan, dan pada usia dewasa dapat belajar, pekerjaan yang sifatnya “skill dan skilled”. Anak tunagrahita ringan kurang memiliki kemampuan dalam merespon lingkungannya, sebagian besar dari mereka tidak mengalami kelainan fisik, kesulitan dalam memilah dan memilih hal yang patut dan tidak patut dicontoh, kurang mampu mengontrol emosinya, mampu diajarkan hal yang bersifat akademik meskipun dalam kurun waktu yang lama dan juga dapat diajarkan keterampilan. Oleh karena itu dalam memberikan pelayanannya, seorang guru dituntut untuk memahami karakteristik dari peserta didiknya.

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami, Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar yang telah kami sediakan. Selain itu silahkan untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].