Ads Banner

Konsep Dasar BKPBI

Konsep Dasar BKPBI
Konsep Dasar BKPBI
Ilustrasi Kegiatan Pembelajaran BKPBI
Ilustrasi Kegiatan Pembelajaran BKPBI

Dalam Kurikulum 2013 BKPBI berganti menjadi PKPBI (Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama) klik disini untuk lebih jelasnya

Pengertian BKPBI

Bina Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (BKPBI) ialah pembinaan penghayatan bunyi yang dilakukan dengan sengaja atau tidak senagaja, sehingga sisa-sisa pendengaran dan perasaan vibrasi yang dimiliki anak-anak tunarungu dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk berintegrasi dengan dunia sekelilingnya yang penuh bunyi.

Pembinaan secara sengaja yang dimaksud adalah bahwa pembinaan itu dilakukan secara terprogram; tujuan, jenis pembinaan, metode yang digunakan dan alokasi waktu yang ditentukan. Sedangkan pembinaan secara tidak sengaja adalah pembinaan yang spontan karena anak bereaksi terhadap bunyi latar belakang yang hadir pada situasi pembelajaran di kelas, seperti tiba-tiba terdengar bunyi motor, bunyi bell sekolah, suara bedug, kemudian guru membahasnya. Misalnya, "Oh dengar suara motor ya? Suaranya 'Brem... brem... brem...' benar begtu?".

Kemudian guru mengajak anak menirukan bunyi bell sekolah dan kembali meneruskan pembelajaran yang terhenti karena anak bereaksi terhadap bunyi latar belakang tadi.

Manfaat BKPBI

Dengan berkembangnya kemampuan berkomunikasi (terutama komunikasi lisan) serta meningkatnya optimalisasi fungsi pendengaran yang masih ada maupun perasaan vibrasinya, siswa tunarungu dapat memperoleh berbagai manfaat antara lain:

  1. Dengan berkembangnya kemampuan berkomunikasi secara lisan, siswa tunarungu akan lebih mudah dalam beradaptasi dengan masyarakat sekitar.
  2. Timbulnya kebiasaan untuk mempersepsi bunyi dalam pengindraan mereka sehingga terhindar dari cara hidup yang semata-mata bergantung pada penglihatan saja.
  3. Perkembangan bahasa anak tunarungu semakin berkembang, karena : dengan dipupuknya kebiasaaan untuk memanfaatkan sisa pendengaran sewaktu membaca ujaran dengan lawan bicara akan menyebabkan kontak yang semakin lancara. Dengan demikian kemampuan bahasa reseptif akan semakin baik. Keterampilan berbicara secara berirama dengan penggunaan kelompok kata yang benar, bukan hanya akan mempermudah anak untuk menangkap isi bahasa/ungkapan melainkan pula mempermudah untuk mengingatnya. Kehidupan emosi siswa tunarungu dapat berkembang lebih seimbang, setelah mengenal bunyi serta mampu menyampaikan gagasan meupun keingingannya memalui media komunikasi yang dapat dimengerti orang pada umumnya.
  4. Gerakan motorik siswa tunarungu berkembang lebih sempurna setelah mengenal irama.
  5. Meningkatkan rasa percara diri.

Tujuan BKPBI

Secara umum tujuan BKPBI adalah agar siswa tunarungu mampu berkomunikasi baik verbal maupun non verbal serta meningkatkan kepekaan fungsi pendengaran maupun perasaan vibrasi siswa untuk memahami makna berbagai macam bunyi terutama bunyi bahasa dengan menggunakan Alat Bantu Dengar (ABM) maupun tanpa alat ABM. (Depdiknas : 2006).

Sedangkan tujuan BKPBI secara khusus diantaranya adalah :

  1. Memperoleh pemahaman tentang lambang bunyi bahasa.
  2. Terampil berbicara atau mengucapkan berbagai lambang bunyi bahasa.
  3. Terampil memilih kata dan kelompok kata yang tepat.
  4. Terampil membaca ujaran.
  5. Terampil mengoptimalisasikan sisa pendengaran maupun perasaan vibrasinya, baik ddngan menggunakan ABM ataupun tanpa ABM dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungannya.
  6. Mengurangi Dampak negatif dari Ketunarunguan

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar