Peringatan Hipenca 2012

Hipenca
H. Ahmad Heryawan beserta para ABK
Para penyandang cacat yang tergabung dalam Himpunan Penyandang Cacat (Hipenca) memperingati Hari Disabilitas Internasional Jum'at (6/12). Acara yang dipusatkan di Padjadjaran Bandung yang diikuti oleh Anak Berkebutuhan Khusus dari berbagai daerah di Jawa Barat serta dihadiri oleh H. Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat.

Peringatan ini bertujuan mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat.

Beliau (Gubernur Jabar Ahmad Heryawan) tercengang saat melihat hasil karya dan kreativitas seni para penyandang cacat atau kaum difabel. Sebagai bentuk kekaguman, ia menjanjikan akan membuat program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para penyandang cacat. Tidak hanya itu, Heryawan pun menargetkan satu persen dari kaum difabel ini bisa menjadi PNS di Jabar.

"Jangan hitung tubuhmu yang hilang, tapi hitunglah tubuhmu yang ada untuk terus berprestasi," ujar Heryawan dalam sambutannya saat membuka gebyar seni dan kreativitas anak-anak berkebutuhan khusus dalam rangka peringatan Hari Internasional Penyandang Cacat (Hipenca), Kamis (6/12). Sambutan itu pun mendapat tepuk tangan dari para peserta dan tamu undangan.

Di Jabar kini ada 33 SLB negeri dan 300 SLB swasta. Namun menurut Gubernur untuk meningkatkan daya saing kaum difabel ini masih sangat kurang. "Tahun ini kita membuat 300 sekolah inklusi, sekolah biasa tapi menerima kaum difabel atau penyandang cacat. Target kami tahun depan bisa ada 600 sekolah inklusi," paparnya.

Sementara itu, Ketua DPD Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Jabar, Samsul Masri menyambut baik perhatian yang diberikan Pemprov Jabar. Bahkan Samsul berharap tahun depan Jabar bisa menjadi tuan rumah konferensi penyandang cacat. "Kita usulkan agar Konferensi Asia Afrika Penyandang Cacat bisa digelar di Jabar," katanya.

Peringatan Hipenca
H. Ahmad Heryawan (Kiri) & Yana Cengos (Kanan)

Peringatan tersebut dimeriahkan oleh Pentas Seni Para Anak Berkebutuhan Khusus. Salah satunya ABK dari Ciamis, Aman Taryana (Yana Cengos) yang merupakan siswa dari SLB Sindangsari Ciamis. Bukan hanya Yana Cengos akan tetapi semua penampilan mereka membuat para tamu/penonton terkagum-kagum dan bangga. So sekarang apa masih pantas mereka (Anak Berkebutuhan Khusus) dianggap sebagai beban keluarga, dianggap negatif?.. Menurut saya pemikiran seperti itu harus dibuang jauh-jauh, karena ternyata potensi yang dimiliki terkadang melebihi kapasitas dan kemampuan orang yang sempurna secara fisik dan mental.

Pentas Seni Hipenca
Kreativitas Seni Para Peserta

Peringatan Hipenca
Yana Cengos dengan H. Ahmad Heryawan di Hari HIPENCA

Peringatan HIPENCA
Penyambutan Kedatangan H. Ahmad Heryawan
(Gubernur Jawa Barat)
pada peringatan HIPENCA Jawa Barat.
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar