Ads Banner

Pengembangan Silabus

Pengembangan Silabus
Pengembangan Silabus
A. Pengertian Silabus KTSP
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Dalam KTSP, Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar.
Pada hakekatnya pengembangan silabus KTSP harus menjawab pertanyaan sebagai berikut :
  1. Kompetensi apakah yang harus dimiliki oleh peserta didik?
  2. Bagaimana cara membentuk kompetensi tersebut?
  3. Bagaimana mengetahui bahwa peserta didik telah memiliki kompetensi?
Dengan demikian silabus KTSP yang pengembangannya diserahkan kepada guru akan berbeda antara satu guru dengan guru lain, baik dalam satu daerah ataupun dalam daerah yang berbeda. Namun demikian dengan memperhatikan hakekat silabus di atas, suatu silabus minimal memuat lima komponen utama, yakni: (1) standar kompetensi (2) kompetensi dasar (3) indikator (4) materi (5) standar proses (Kegiatan Belajar Mengajar (6) standar penilaian. Pengembangan terhadap komponen-komponen tersebut merupakan kewenangan mutlak guru, termasuk pengembangan format silabus, dan penambahan komponen-komponen lain dalam silabus di luar komponen minimal. Semakin rinci silabus, semakin membantu memudahkan guru dalam menjabarkannya ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

B. Prinsip Pengembangan Silabus
Dalam KTSP, pengembangan silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan, khususnya bagi yang sudah mamplu melakukannya. Oleh karena itu, setiap satuan pendidikan diberi kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Agar pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional (standar nasional) maka perlu memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus. Prinsip tersebut adalah ilmiah, relevan, fleksiberl, kontinunitas, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, serta efektif, dan efisien.

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar