Ads Banner

Tips Melatih Kecerdasan Emosional

Tips Melatih Kecerdasan Emosional
Tips Melatih Kecerdasan Emosional
Tips Melatih Kecerdasan Emosional

Emosi merupakan suatu perasaan (afek) yang mendorong individu untuk merespon atau bertingkah laku terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya. Setiap manusia/individu memiliki kesamaan yaitu memiliki emosional yang berbeda adalah cara setiap individu dalam mengekspresikan emosinya ada yang positif ada juga yang negatif. Kemampuan mengontrol emosional agar tidak berlebihan dan menimbulkan efek negatif dapat dihindari dengan melakukan hal-hal yang akan disebutkan di bawah ini.

  1. Belajar mengembangkan kesadaran diri : caranya dengan mengamati diri Anda dan mengenali perasaan-perasaan anda serta memahami hubungan antara pikiran, perasaan, dan reaksi emosional.
  2. Belajar mengambil keputusan pribadi: caranya dengan mencermati tindakan dan akibat-akibatnya, memahami apa yang menguasai suatu keputusan, pikiran, atau perasaan.
  3. Belajarlah mengelola perasaan: cara ini dapat dilakukan dengan memantau pembicaraan sendiri untuk menangkap pesan-pesan negatif yang terkandung di dalamnya, menyadari apa yang ada dibalik perasaan (misalnya: sakit hati yang mendorong amarah), menemukan cara-cara untuk menangani rasa takut, cemas, marah, dan kesedihan.
  4. Belajar menangani stress: caranya adalah mempelajari pentingnya berolahraga, perenungan yang terarah, dan relaksasi.
  5. Belajar berkomunikasi: caranya adalah berbicara mengenai perasaan secara efektif yakni belajar menjadi pendengar dan penanya yang baik, membedakan antara apa yang dilakukan atau yang dikatakan seseorang dengan reaksi penilaian anda sendiri, dan mengirimkan pesan dengan sopan bukannya mengumpat.
  6. Belajar berempati : dengan cara memahami perasaan dan masalah orang lain dan berpikir dengan sudut pandang orang lain, menghargai perbedaan perasaan orang mengenai sesuatu.
  7. Belajar membuka diri: caranya adalah menghargai keterbukaan dan membina kepercayaan dalam suatu hubungan.
  8. Belajar mengembangkan pemahaman: dapat dilakukan dengan mengidentifikasi pola-pola dalam kehidupan emosional anda ataupun orang lain dan mengidentifikasi reaksi-reaksinya.
  9. Belajar mengembangkan tanggungjawab pribadi: caranya adalah belajar rela memikul tanggungjawab, mengenali akibat-akibat dari keputusan dan tindakan anda, menindaklanjuti komitmen yang telah dibuat dan disepakati.
  10. Belajar menerima diri sendiri : caranya adalah merasa bangga dan memandang diri sendiri dari sisi yang positif, mengenali kekuatan dan kelemahan diri anda, dan belajar mampu untuk menertawakan diri anda sendiri.
  11. Belajar mengungkapkan keprihatinan dan perasaan anda tanpa rasa marah atau berdiam diri.

Terakhir, yu mari kita semua belajar mengontrol emosi!.....

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar