UI Termasuk 25 Deretan Kampus Terhijau Di Dunia

UI Termasuk 25 Deretan Kampus Terhijau di Dunia


Sungguh membanggakan bagi kita semua karena Universitas Indonesia berhasil menduduki peringkat 25 kampus terhijau di dunia dari 215 perguruan tinggi di penjuru dunia. "Penilaian ini berdasarkan UI GreenMetric Ranking of World Universities," kata Wakil Rektor UI bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Anis, di Gedung Balairung Depok.


Menurut dia, untuk peringkat pertama sebagai kampus terhijau yaitu University of Connecticut, Amerika Serikat. 

Selanjutnya University of Nottingham, Inggris, dan posisi ketiga University College Cork National University of Ireland, Irlandia.



Perguruan tinggi nasional yang berada di 30 besar, yaitu Institut Pertanian Bogor, yang berada di peringkat 27.

Ia mengatakan UI GreenMetric Ranking of World Universities 2012, diikuti 49 negara. Beberapa negara yang ikut serta adalah China, Fiji, Finlandia, Yunani, Hong Kong, Meksiko, Chile, Afrika Selatan, Palestina, Vietnam, Inggris, Amerika Serikat, dan lainnya.

UI GreenMetric World University Rankingmerupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. UI Green Metric telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) secara resmi pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei. 

IREG merupakan lembaga internasional yang berperan sebagai penjamin mutu lembaga pemeringkatan yang ada di dunia.

Pemeringakatan UI GreenMetric World University2012 dilandasi tiga filosofi dasar, yaitu lingkungan hidup, ekonomi, dan keseimbangan. Metodologi dan survei dilakukan tim UI GreenMetric salah satunya dengan mengembangkan bobot indikator penilaian yang terdiri dari statistis kehijauan kampus (15 persen), pengelolaan sampah (18 persen), energi dan perubahan iklim (21 persen), penggunaan air (10 persen), tranportasi (18 persen), dan pendidikan (18 persen).
Reaksi :
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar