Kelemahan dan Kelebihan Penggunaan Metode Ceramah

Pengertian Metode Pembelajaran

Info [K-moe] - Metode pembelajaran adalah upaya mengimplementasikan rencana yang disusun dalam kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran banyak macamnya akan tetapi umumnya sekarang ini guru lebih mengutamakan metode ceramah.

Pengertian Metode Ceramah

Metode ceramah adalah penuturan bahan pelajaran secara lisan. Metode ini tidak senantiasa jelek bila penggunaannya dipersiapkan dengan baik, didukung dengan alat dan media, serta memperhatikan batas-batas penggunaannya. (Nana Sudjana 2000:77). Sedangkan menurut Muhaimin MA, dkk. metode ceramah merupakan kombinasi dari metode hafalan, diskusi dan Tanya jawab (Muhaimin, dkk, 1996:83)

Metode ceramah tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan dan memiliki karakteristik tertentu diantaranya:

A. Batasan Metode Ceramah

Suatu cara penyampaian informasi dengan lisan dari seseorang kepada sejumlah pendengar di suatu ruangan.

B. Fakta tentang Metode Ceramah

Paling banyak dipakai guru terutama pada bidang non exata

C. Ilustrasi / Contoh Metode Ceramah

Guru menyampaikan materi secara verbal, siswa lebih banyak
mendengarkan. Interaksi sifatnya searah

D. Kelebihan Metode Ceramah

  • Dapat mengakomodasi kelas besar
  • Setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar yaitu dengan mendengarkan.
  • Materi dapat dijelaskan secara hierarki karena sepenuhnya dikontrol oleh guru.
  • Guru dapat memberikan penekanan terhadap hal-hal penting sehingga dapat memanage waktu dengan baik
  • Ketuntasan materi dapat dicapai dengan lebih mudah.
  • Tidak memerlukan banyak fasilitas dan sumber belajar sehingga sangat hemat.

E. Kekurangan Metode Ceramah

  • Pembelajaran membosankan bagi siswa.
  • Siswa pasif dalam pembelajaran.
  • Siswa lebih banyak dicekoki sehingga bila terlalu padat banyak hal yang tidak dikuasai.
  • Pengetahuan lebih cepat terlupakan.
  • Membiasakan siswa belajar menghapal tidak bermakna.

F. Saran 

metode ceramah kemampuan otak manusia     Metode Ceramah Perlu dipakai jika :
  • Bertujuan memberikan informasi
  • Materi yang disajikan belum ada pada sumber lain.
  • materi menarik atau dibuat menarik.
  • Materi disesuaikan dengan pendengar.
  • Setelah ceramah dilanjutkan metode lain untuk pengendapan pengetahuan.
    Metode Ceramah tidak dipakai jika :
  • Tujuan pembelajaran bukan hanya tingkat informasi (C1, atauC2) atau psikomotor.
  • Memerlukan ingatan yang tahan lama 
  • Kemampuan siswa rendah
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar