Ads Banner

Apa Itu Program Bina Diri?

Apa Itu Program Bina Diri?
Apa Itu Program Bina Diri?
Program Bina Diri

Mengenal Program Bina Diri

Info [K-moe] - Program Bina diri untuk anak tunagrahita merupakan serangkaian kegiatan pembinaan dan latihan yang dilakukan oleh guru yang profesional dalam pendidikan khusus, secara terencana dan terprogram terhadap individu yang membutuhkan, terutama bagi anak tunagrahita. Bina diri adalah “usaha membangun diri individu baik sebagai individu maupun sebagai makhluk sosial melalui pendidikan di keluarga, sekolah dan di masyarakat sehingga terwujudnya kemandirian dengan keterlibatannya dalam kehidupan sehari-hari secara memadai" (Astati, 2010:7).

Tujuan Bina Diri

Tujuan Bina Diri adalah untuk melatih/mengembangkan kemampuan siswa yang berkaitan dengan kemampuan memelihara dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari secara mandiri. Menurut Astati (2010:8) tujuan bina diri adalah :

Untuk mengembangkan keterampilan dasar dalam memelihara dan memenuhi kebutuhan anak tunagrahita sehingga dapat hidup mandiri dengan tidak/kurang bergantung pada orang lain, dan mempunyai tanggung jawab sesuai dengan kemampuannya baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

Pembagian Program Bina Diri

Program Bina Diri dibagi menjadi tujuh macam, meliputi:
  1. Kebutuhan Merawat Diri
  2. Kebutuhan merawat diri meliputi kemampuan memelihara tubuh, seperti mandi, menggosok gigi, merawat rambut, dan memelihara kesehatan serta keselamatan diri seperti melindungi dari bahaya sekitar ataupun mengatasi luka.
  3. Kebutuhan Mengurus Diri
  4. Kebutuhan mengurus diri melputi memelihara diri secara praktis, mengurus kebutuhan yang bersifat pribadi seperti: makan minum, menyuap makanan, berpakaian, pergi ke toilet, berdandan, serta merawat kesehatan diri.
  5. Kebutuhan Menolong Diri
  6. Kebutuhan menolong diri meliputi memasak sederhana, mencuci pakaian dan melakukan aktivitas rumah seperti menyapu dan lain sebagainya.
  7. Kebutuhan Komunikasi
  8. Kebutuhan komunikasi meliputi komunikatif ekspresif yaitu menjawab nama dan identitas keluarga dan komunikasi resepti yaitu mampu memahami apa yang disampaikan orang lain.
  9. Kebutuhan Sosialisasi
  10. Kebutuhan sosialisasi meliputi keterampilan bermain, berinteraksi, partisipasi kelompok, ramah dalam bergaul, mampu menghargai orang, bertanggung jawab pada diri sendiri serta mampu mengendalikan emosi.
  11. Kebutuhan Keterampilan Hidup
  12. Kebutuhan keterampilan hidup meliputi keterampilan menggunakan uang, keterampilan berbelanja, dan keterampilan dalam bekerja.
  13. Kebutuhan Mengisi Waktu Luang
  14. Kebutuhan mengisi waktu luang bagi anak tunagrahita dapat berupa kegiatan olah raga, seni, dan keterampilan sederhana seperti memelihara tanaman atau hewan.

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar