Kekhawatiran Honorer Kategori II dalam Seleksi CPNS

Kekhawatiran Honorer Kategori II dalam Seleksi CPNSInfo [K-moe] -  Mekanisme seleksi atau ujian untuk tenaga honorer kategori II menjadi kekhawatiran semua tenaga honorer kategori II, termasuk kuota 30% yang menjadi kebijakan KemenPAN dan RB. 

Belum lagi formasi / kuota tiap-tiap daerah berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan. Mekanisme untuk memperoleh formasi CPNS pasca-moratorium, setiap daerah harus mengajukan permohonan formasi. Pengajuan tersebut juga harus dilengkapi profil daerah, analisis jabatan (Anjab), analisis beban kerja (ABK) serta proyekci kebutuhan PNS. “Dari usulan tersebut Direktorat Perencanaan dan Formasi Kepegawaian BKN akan memberikan pertimbangan `penetapan formasi suatu instansi,” Sementara kebijakan penetapan formasi / jumlah kuota masing-masing daerah, merupakan kewenangan KemenPAN & RB.

Pelaksanaan seleksi cpns tenaga honorer kategori 2

Terkait permasalahan mekanisme seleksi, bahwa sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 56 Tahun 2012 pelaksanaan seleksi CPNS bagi Tenaga Honorer Kategori II dilakukan secara tertulis dan serempak di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk pembuatan soal, dengan melakukan kerjasama dengan Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan untuk proses mekanisme seleksi terdiri dari dua jenis soal yakni tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

Kekhawatiran Honorer Kategori II 

Selain dua unsur kekhawatiran di atas, para tenaga honorer juga khawatir akan adanya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memanfaatkan kesempatan untuk melakukan KKn. Sudah umum jika menjelang adanya testing CPNS banyak orang yang memanfaatkan dengan memungut biaya-biaya tertentu dengan dalih menjanjikan agar bisa jadi PNS. Tetapi untuk yang satu ini anda jangan terlalu khawatir, so mekanisme testing/ujian cpns kali ini sangat mengutamakan ketranspranan, keterbukaan, kualitas kompetensi para calon, dll. Yang jelas persiapkan diri anda sedini mungkin (bagi yang termasuk tenaga honorer kategori II) untuk menghadapi tes ujian CPNS Tenaga Honorer Kategori II.


Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar