Pentas Seni dan Pameran Kreativitas Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Provinsi Jawa Barat Tahun 2013

Aksi panggung siswa tunanetra (pemain keyboard)

Info [K-moe] Tahun 2013 ini, Kabupaten Ciamis menjadi tuan rumah Pentas Seni dan Pameran Kreativitas Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Tingkat Provinsi Jawa Barat. Pelaksanaan kegiatan tersebut digelar di Alun-alun Kabupaten Ciamis pada 28-30 September 2013, yang diikuti oleh siswa-siswi anak berkebutuhan khusus yang tersebar di sekolah luar biasa di Provinsi Jawa Barat. Selain itu acara tersebut juga dihadiri oleh para pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat khususnya Bidang Pendidikan Luar Biasa dan juga Wakil Bupati Kabupaten Ciamis.

Pentas seni tersebut dimeriahkan oleh aksi panggung siswa siswi anak berkebutuhan khusus yang sangat memukau para pengunjung. Aksi-aksi seperti olah vokal, band, seni tari, baca puisi, seni tradisional dan lain-lain mewarnai acara tersebut sehingga membuat para penonton yang menyaksikan merasa terharu, bangga dan juga menimbulkan respon yang positif karena dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat.

Selain aksi panggung juga terdapat stand-stand hasil karya anak berkebutuhan khusus yang menampilkan hasil kreativitas dan keterampilan anak dalam membuat karya seperti hasil kerajinan tangan baik berupa pernak-pernik souvenir, makanan, asesoris, dll.

Diharapkan dengan diadakannya acara tersebut mampu menghilangkan paradigma negatif kita terhadap anak berkebutuhan khusus dan semakin menyadarkan kita semua bahwa mereka (anak berkebutuhan khusus) memiliki potensi yang apabila digali, dilatih, dibimbing dengan benar mampu berkarya membuat sesuatu yang "tidak mungkin menjadi mungkin", "dari tidak bisa menjadi terbiasa", "dari tidak mampu menjadi mampu", dan "dari tidak berdaya menjadi sumber daya". Karena pada dasarnya semua memiliki kemampuan untuk belajar dan juga memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu dan tidak dideskriminasikan, semua anak mempunyai kemampuan untuk mengikuti pelajaran tanpa melihat kelainan dan kecacatannya, perbedaan merupakan penguat dalam meningkatkan mutu pembelajaran bagi semua anak, sekolah dan guru mempunyai kemampuan untuk belajar merespon dari kebutuhan pembelajaran yang berbeda.

Yu mari kita sama-sama membantu menjadikan mereka (anak berkebutuhan khusus) dari tidak mampu menjadi mampu, dari tidak bisa menjadi terbiasa dan dari tidak berdaya menjadi sumber daya
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar