Cara Cek Status Keaktifan NUPTK Tahun 2016

Cara Cek Status Keaktifan NUPTK 2016

Banyak diantara tenaga pendidik dan kependidikan yang merasa sudah memiliki NUPTK tetapi ternyata ketika di cek status NUPTK tidak terdaftar di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. Oleh karena itu NUPTK saat ini menjadi salah satu prasarat yang wajib dimiliki Guru atau Tenaga Kependidikan bukan untuk kepentingan orang lain tetapi untuk kepentingan Guru atau Tenaga Kependidikan Tersebut, diantaranya syarat untuk mendapatkan tunjangan Insentif Guru Non PNS dan Kualifikasi S1

Untuk itu pastikan status NUPTK anda aktif dan benar. Arsip NUPTK yang ditampilkan di situs PDSPK merupakan hasil rekonsiliasi data NUPTK terbitan sistem NUPTK generasi-generasi sebelumnya dengan sistem NUPTK generasi PADAMU NEGERI. Untuk menelusuri status NUPTK anda, silakan klik Status NUPTK atau melalui form di bawah.

Cermati data pribadi anda karena mungkin terdapat kesalahan dalam penulisan nama, nik, tanggal lahir, dll. Apabila terdapat kesalahan data, harap secepatnya perbaiki lihat cara memperbaiki database NUPTK.

Cara Cek Status Keaktifan NUPTK

  1. Ketikan Nomor NUPTK anda pada form pencarian.
  2. Kemudian Klik Search.
  3. Apabila NUPTK anda Aktif terdapat keterangan seperti di bawah ini.
Cara Cek Status Keaktifan NUPTK
Hasil Cek Status Keaktifan NUPTK

Cek NUPTK

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar