Ads Banner

BKN Persiapkan TKB Berbasis Komputer dalam Rekrutmen CPNS

BKN Persiapkan TKB Berbasis Komputer dalam Rekrutmen CPNS
BKN Persiapkan TKB Berbasis Komputer dalam Rekrutmen CPNS

BKN Persiapkan TKB Berbasis Komputer dalam Rekrutmen CPNS

Jakarta-Humas BKN, Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) PNS menggelar kegiatan Koordinasi, Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Input Soal Tes Kompetensi Bidang (TKB), Selasa (5/4/2016), di Station Computer Assisted Test (CAT) BKN, Kantor Pusat BKN. Kegiatan itu digelar terkait dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor B/3354/M.PAN-RB/10/2015 tanggal 20 Oktober 2015 Perihal Penyusunan Naskah Soal TKB dan Surat Sekretaris Kementerian PANRB Nomor: B/517/M.PAN-RB/01/2016 tanggal 28 Januari 2016 Perihal Tindak Lanjut Penyusunan Naskah Soal TKB.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengatakan pada penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2014, terdapat intervensi dalam hasil rekrutmen CPNS, khususnya dalam TKB. “Saat itu untuk TKD yang sudah menggunakan CAT, proses seleksi bisa berjalan dengan fair. Namun saat TKB, yang masih dilakukan secara manual, masih terdapat intervensi. Pascarekrutmen itu banyak muncul laporan dari PTUN mengenai hasil TKB. Maka, untuk meningkatkan integritas dan akuntabilitas dalam rekrutmen CPNS, muncullah kebijakan penyelenggaraan TKD dan TKB secara keseluruhan dilakukan menggunakan CAT.”

Upaya meningkatkan integritas dan transparansi dalam proses rekrutmen CPNS, jelas Bima, didorong oleh semangat memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi seluruh anak bangsa untuk membangun negeri melalui birokrasi. ”BKN selaku penyelenggaraan manajemen kepegawaian akan senantiasa berinovasi untuk mencari pola terbaik dalam rekrutmen CPNS,” pungkas Bima.

Sementara itu sebelumnya, Kepala PPSR, Aris Windiyanto mengatakan berdasarkan evaluasi penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun 2013 dan 2014, lahirlah kebijakan bahwa mulai tahun 2016 penyelenggaraan TKB CPNS akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). “Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Rekrutmen CPNS telah menerbitkan kebijakan penggunaan CAT BKN dalam TKB rekrutmen CPNS mulai tahun 2016. Sementara soal-soal TKB diarahkan untuk disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional (Jabfung). Seperti soal TKB untuk rekrutmen Analis Kepegawaian, disusun oleh BKN karena memang BKN menjabat sebagai instansi pembina jabfung tersebut. Namun soal-soal itu harus diinput terlebih dahulu dalam aplikasi yang digunakan sistem CAT. Melalui kegiatan ini kami mensosialisasikan aplikasi tersebut, sehingga diharapkan perwakilan instansi yang bertugas menangani TKB bisa memahami aplikasi yang dimaksud”.

bkn.go.id

Print/Save

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.!
Share This :

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar