Ide-ide Permainan Mendidik Mengisi Liburan Sekolah

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore.. hore.. hore...”Anak-anak pasti sangat senang menyambut masa liburan kenaikan kelas yang juga bertepatan dengan libur lebaran.

Meskipun liburan kali ini bertepatan dengan bulan puasa, tidak ada salahnya mengisi hari libur anak dengan kegiatan menyenangkan, salah satunya bermain.

Dikutip dari laman Sahabat Keluarga, ada beberapa tipe permainan untuk anak, diantaranya social play dan cognitive play.

Social play terdiri dari beberapa tahapan bermain, dimulai dari anak senang mengamati dan bermain sendiri hingga ia dapat bermain bersama di dalam kelompok. Sementara cognitive play adalah bentuk bermain yang melatih anak agar dapat berpikir secara mandiri.

Berikut ide-ide aktivitas permainan yang bisa dilakukan orang tua bersama anak di dalam rumah untuk mengisi liburan sekolah

Social Play

A. Membuat istana atau benteng pasir

Alat yang diperlukan: Pasir, sekop plastik, ember, air

Keterampilan yang dilatih: Motorik kasar, motorik halus, sensori, kognitif, bahasa

Cara bermain:

  1. Anak menggali lubang dengan menggunakan kedua tangannya atau sekop(motorik kasar) untuk mengambil dan memindahkan pasir. Jari-jari tangan (motorik halus) yang bersentuhan dengan pasir akan merangsang indera peraba (sensori).
  2. Ketika anak berimajinasi dan melakukan rancangan istana atau benteng pasir, anak menggunakan kemampuan kognitifnya.
  3. Anak belajar matematika dengan membangun istana/benteng pasir, mengetes kekuatan konstruksi serta mengenali bentuk dan ruang.
  4. Kemampuan bahasa anak meningkat dengan berkomunikasi dan bertambahnya kosa kata baru.

B. Bermain kemah-kemahan

Alat yang diperlukan: Kursi makan, selimut, bantal, tikar

Keterampilan: Motorik kasar, motorik halus, kognitif, bahasa

Cara bermain:

  1. Anak dapat meminta bantuan orang tua untuk mengangkat kursi (motorik kasar) dan mengikatkan (motorik halus) keempat ujung selimut besar pada masing-masing kursi tersebut sehingga membentuk kemah. (*selimut dapat diikatkan dimana saja).
  2. Anak menggunakan kemampuan kognitifnya untuk mendesain bentuk dan mengatur isi kemah, yaitu menaruh bantal dan tikar.
  3. Ketika bermain bersama, anak meningkatkan kemampuan berbahasa dan imajinasinya.

Cognitive Play

A. Menyapu lantai

Alat yang diperlukan: Sapu, serokan, potongan kertas kecil-kecil

Keterampilan: Motorik kasar, kognitif

Cara bermain:

  1. Anak menyebar potongan-potongan kertas ke lantai (motorik kasar).
  2. Anak menyapu dan memasukkan (motorik kasar) potongan-potongan kertas ke serokan.
  3. Ketika anak berpikir bagaimana cara praktis menyapu dan mengumpulkan kertas-kertasnya pada satu tempat, anak menggunakan kemampuan kognitifnya.

B. Membuat pizza

Alat yang diperlukan: Karton, kertas warna-warni, kapas bulat, pasir, gunting, lem, pinsil

Keterampilan: Motorik halus, sensori, kognitif, bahasa.

Cara bermain:

  1. Anak menggunting (motorik halus) gambar lingkaran besar yang telah dibuat diatas karton.
  2. Anak menggunting lingkaran tersebut menjadi beberapa segitiga (seperti pizza) dan kemudian menempelkannya (motorik halus) pada sebuah karton besar berbentuk segi empat.
  3. Anak menggunting kertas warna warni menjadi potongan-potongan kecil.
  4. Anak menempelkan potongan kertas warna-warni, kapas bulat dan pasir pada masing-masing potongan pizza tersebut. Ketika melakukan ini anak belajar mengenal berbagai tekstur benda dengan meraba (sensori).
  5. Anak mendesain pizza sesuai dengan kreasi dan imajinasi mereka (kognitif).

Selamat mencoba. Semoga anak dapat menikmati permainan dan semakin memperat hubungan anak dan orang tua

(Bunga Kusuma/sumber: Sahabat Keluarga dan keluargakita.com)

Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar