Bagaimana Teknologi Dapat Membantu ABK dalam Belajar?

Info [K-Moe]
Ilutstrasi Penggunaan SmartBoards sebagai Sarana Pembelajaran - Info [K-Moe]

Sepintas, teknologi di kelas pendidikan khusus terlihat seperti di kelas pendidikan reguler: komputer, laptop, SmartBoards, dan bahkan iPad. Bila Anda melihat lebih dekat, Anda akan menyadari betapa lebih banyak teknologi bantu ini yang seharusnya disediakan oleh pemerintah dalam pendidikan khusus.

Di negara maju, Fasilitas pembelajaran seperti teknologi pendukung baik teknologi rendah maupun berteknologi tinggi merupakan hal jamak dan harus tersedia di Kelas atau di Sekolah tersebut, karena dengan penggunaan perangkat berteknologi tersebut dapat membantu kegiatan siswa dalam belajar, memahami materi, melakukan praktek dan percobaan sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa

Contoh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan ABK - Info [K-Moe]
Ilutstrasi Penggunaan Komputer sebagai Sarana Pembelajaran - Info [K-Moe]

Bagaimana Pemanfaatan Teknologi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus?

Beberapa alat memungkinkan anak dengan kebutuhan khusus untuk menggunakan komputer sama seperti orang lain. Siswa dengan keterampilan motorik halus rendah mungkin dibantu dengan keyboard dengan ukuran font besar yang terhubung ke USB komputer desktop biasa sehingga siswa bisa mengetik. Keyboard yang sama bisa diberi kode warna untuk membantu siswa dengan gangguan penglihatan. Jika seorang siswa memiliki keterampilan motorik rendah yang sangat rendah sampai pada titik dimana mereka tidak dapat menekan tombol pada keyboard, mereka mungkin mereka bisa menggunakan tombol yang tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat ditekan untuk mengganti klik mouse atau tombol enter.

Contoh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan ABK - Info [K-Moe]
Ilutstrasi Penggunaan Komputer dengan Modifikasi Keyboard sebagai Sarana Pembelajaran - Info [K-Moe]

Selain itu penggunaan (SmartBoard) papan tulis interaktif dengan layar sentuh/layar komputer interaktif raksasa, membuat pelajaran mudah diakses oleh siswa yang memerlukan sedikit bantuan. Jika mereka tidak bisa menjangkau papan tulis, tersedia juga aplikasi yang akan merefleksikan apa yang ada di layar ke iPad. Dengan cara ini, membuat siswa yang memang tidak bisa meninggalkan tempat duduk mereka (Tunadaksa) masih memiliki akses interaktif di ujung jari mereka melalui Ipad tersebut.

Bagi anak-anak yang tidak dapat berbicara terdapat perangkat berteknologi tinggi yang dapat mengeluarkan sebuah "suara" atau disebut Augmentative dan Perangkat Komunikasi Alternatif (AAC). Siswa hanya perlu menekan gambar di layar yang kemudian akan mengeluarkan suara yang dapat menjadi sarana komunikasi anak.

Contoh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan ABK - Info [K-Moe]
Ilutstrasi Penggunaan iPad sebagai Sarana Pembelajaran - Info [K-Moe]

Bagaimana teknologi membuat perbedaan bagi siswa dengan kebutuhan khusus?

Mereka akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengerjakan keterampilan teknologinya. Meskipun tidak semua siswa dapat menggunakan perangkat berteknologi tinggi. Di tingkat sekolah dasar, siswa masih mempelajari dasar-dasar komputer, SmartBoard, atau iPad sehingga pada tingkat selanjutnya siswa sudah terbiasa menggunakan teknologi tersebut. Membiasakan anak menggunakan media berteknologi tinggi merupakan suatu tantangan bagi guru, begitu banyak hal positif yang lebih besar daripada hal negatif dengan memberi akses dan penggunaan perangkat teknologi kepada siswa. Teknologi dapat meningkatkan kemandirian mereka dan dapat mengajari mereka keterampilan teknologi dasar atau komunikasi yang akan mereka butuhkan selama sisa pendidikan mereka dan seterusnya.

Sekian Contoh Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan ABK. Bagaimana dengan Indonesia dengan Anggaran untuk pendidikan sebanyak 20% dari APBN? Silahkan nyatakan pendapat anda dalam kolom komentar
Reaksi :
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar