Tips Mengajarkan Pendidikan Lingkungan Pada ABK

Tips Mengajarkan Pendidikan Lingkungan Pada ABK - Info [K-Moe]
Tips Mengajarkan Pendidikan Lingkungan Pada ABK - Info [K-Moe]

Pendidikan lingkungan sangatlah penting diajarkan pada Anak berkebutuhan khusus. Anak-anak dengan kebutuhan khusus dapat diajarkan tentang lingkungan dengan cara-cara yang inovatif, yang dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan mereka, diajarkan apa yang harus dilakukan serta bagaimana manfaat dan dampaknya terhadap lingkungan. Seperti mengajarkan tentang isu-isu seperti kualitas air, konservasi air, pengelolaan limbah dan sebagainya, sehingga bisa menghasilkan kehidupan yang ramah lingkungan.

Pendidikan lingkungan dapat diajarkan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar ruangan seperti di taman, kebun, dll. untuk meningkatkan pengetahuan siswa berkebutuhan khusus, dan mendorong mereka untuk mempraktekkan kebiasaan-kebiasaan yang ramah lingkungan di rumah. Disana anda bisa membahas tentang polusi udara bebas, tanah dan air, dan bagaimana kualitas udara yang baik dan buruk serta berdampak pada satwa liar dan juga manusia. Ditaman Mereka dapat terlibat dalam penanaman dan perawatan tanaman yang mereka tanam sendiri, dan melalui berbagai kegiatan, mereka dapat diajari tentang habitat dan saling ketergantungan antara satwa liar dan manusia.

Mengajak anak-anak pergi ke taman - Info [K-Moe]
Mengajak anak-anak pergi ke taman - Info [K-Moe]

Mengajar tentang kualitas udara, tanah dan air

Air - Info [K-Moe]

Sekali lagi, kunjungan lapangan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran lingkungan sensorik. Anda bisa mendorong anak-anak untuk mendengarkan, menyentuh dan mencium. Mereka akan menikmati pengalaman menyentuh bumi yang hangat, dan sungai yang dingin, dan pengalaman suara alam di luar ruangan. Ini adalah pengalaman terapeutik untuk semua, guru dan termasuk siswa!

Mengajar tentang siklus air dan konservasi air

Konservasi air dapat diajarkan kepada anak-anak berkebutuhan khusus dengan menjelaskan bagaimana air merupakan sumber daya alam yang berharga. Cara paling sederhana untuk menghemat air adalah dengan tidak menyia-nyiakannya dan dengan memastikan bahwa keran air dimatikan setelah digunakan. Konsep pemanasan global dapat diperkenalkan dengan menjelaskan tentang naiknya permukaan air di laut, dan bagaimana dampaknya terhadapnya, (suhu yang lebih panas, angin ribut, banjir dll). Anda bisa mendiskusikan bagaimana toksin dilepaskan oleh berbagai produk yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, dibawa oleh sistem air dan yang berpotensi masuk ke air minum.

Untuk membuat diskusi menyenangkan, dorong siswa Anda menggambar siklus air, buat poster tentang siklus hujan, dan ikut serta dalam permainan peran.

Mengajar tentang kemasan dan daur ulang

Anak berkebutuhan khusus perlu belajar membuat pilihan yang tepat saat mereka membeli sesuatu. Anda bisa mengajari mereka kode daur ulang dan simbol untuk memilih produk yang tepat. Daur ulang di rumah merupakan kegiatan penting lain yang bisa dipelajari anak-anak.

Libatkan mereka dalam berkebun organik

Air - Info [K-Moe]

Untuk memastikan bahwa kebutuhan khusus memahami konsep baru dengan mudah, memecah kegiatan terkait menjadi langkah-langkah sederhana, yang dapat mereka ikuti dan jalankan. Membuat kegiatan sederhana dan menyenangkan, yang bisa mereka selesaikan, akan membuat mereka antusias untuk belajar lebih banyak tentang lingkungan.

Anak-anak kebutuhan khusus pasti ingin menanam sayuran dan bunga penyerbuk yang ramah, dan merawat tanaman akan membawa mereka lebih dekat ke alam. Mereka bisa diajarkan metode berkebun organik, yang akan membuat mereka, menikmati sayuran yang telah mereka tanam sendiri.

Kegiatan di luar ruangan semacam ini bisa menyegarkan anak-anak, dan memberi mereka rasa puas dan puas, saat mereka bisa melihat hasil kerja keras mereka.

ecofriend

Reaksi :
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Artikel relevan lainnya
Beri Komentar