Sekilas Pembelajaran Quantum

Dewasa ini muncul satu sistem pembelajaran yang sejalan dengan era otonomi dan desentralisasi manajemen pendidikan, yaitu Quantum Learning and Teaching. Sistem ini dilandasi oleh filsafat konstruktivistik. Anak didik menjadi pusat perhatian (subyek didik) yang harus dilayani, berkembang sesuai dengan irama, minat, dan kemampuannya secara maksimal. Fungsi guru adalah menjadi fasilitator dalam pembelajaran. Guru mendapatkan ijazah adalah  adalah pemberian wewenang untuk mengajar. Bukan hak untuk mengajar. Yang memiliki hak belajar adalah anak didik.

Beberapa prinsip yang mendasari Belajar Quantum adalah:

  1. 1. Psikolinguistik
  2. 2.Teori otak kanan (rasional, sistematis) dan otak kiri (sintetik, semantik, integral)
  3. 3.Teori otak triune (3 in 1):
  4. 4.Modalitas belajar: visual-auditif-kinestetik (VAK)
  5. 5.TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, Rayakan)
  6. Belajar-Mengajar Quantum (BMQ) bercirikan: bebas, santai, menyenangkan, mentakjubkan, menggairahkan, dan membahagiakan. Keberhasilan belajar-mengajar quantum adalah siswa sejahtera.

    Ada 8 kunci keunggulan yang harus ditumbuhkan melalui belajar-mengajar quantum : kejujuran, kegagalan adalah awal kesuksesan, niat baik (berfikir positif), pola pikir kekinian, komitmen, tanggungjawab, sikap luwes, dan hidup seimbang. Siswa berkembang secara mandiri. Intinya adalah siswa menjadi mandiri. Delapan kunci keunggulan ini dikembangkan melalui kurikulum yang dipelajari oleh siswa. Bawalah dunia siswa ke dunia kita dan hantarkan dunia kita ke dunia siswa. BMQ menekankan pada belajar ketrampilan belajar dan belajar ketrampilan hidup berdasarkan variasi proses belajar dengan membangkitkan motivasi belajar yang menggairahkan, menyenangkan, jalinan hubungan yang simpatik, siswa adalah mitra belajar, belajar mengambil resiko, keteladanan, dan rasa mampu dengan menetapkan target di atas garis sehingga berkualitas tinggi dengan penciptaan lingkungan belajar yang kondusif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel