Permasalahan yang Dihadapi Anak Tunagrahita Ringan

Permasalahan yang Dihadapi Anak Tunagrahita Ringan
Permasalahan yang Dihadapi Anak Tunagrahita Ringan

Dilihat dari karakteristik anak tunagrahita ringan dari segi kualitatif maupun kuantitatif ternyata mempunyai pengaruh yang cukup berarti dalam kehidupan mereka yang menimbulkan munculnya permasalahan yang harus dihadapi anak tunagrahita yang terjadi pada masa perkembangannya.

Masalah yang dihadapi anak tunagrahita ringan

Menurut Astati (2001:10) bahwa permasalahan anak tunagrahita ringan secara khusus dapat diuraikan sebagai berikut :

a. Dalam masalah penyesuaian diri

Anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam mengartikan norma-norma lingkungan serta mereka tidak dapat melakukan fungsi sebagai anggota masyarakat.

b. Masalah pemeliharaan diri

Anak tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam membina dirinya misalnya dalam mengadakan orientasi pemeliharaan diri di lingkungan serta bagaimana kepantasan penampilannya.

c. Masalah kesulitan belajar

Kesulitan belajar umumnya tampak dalam bidang pelajaran yang sifatnya akademis dan mengandung hal-hal yang sifatnya abstrak.

d. Masalah Pekerjaan

Kurangnya kesesuaian antara keterampilan yang dimiliki dan perilaku vokasional (daya tahan, minat, kegembiraan, komunikasi, penampilan, dll) dengan tuntutan lapangan pekerjaan. Dengan demikian masalah penempatan kerja penyandang tunagrahita harus ditangani secara serius antara lain dengan meningkatkan pembelajaran yang melatih skill peserta didik sehingga diharapkan keterampilan yang mereka miliki dapat diaplikasikan dalam dunia pekerjaan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel