Tunagrahita Ringan Menurut Moh. Amin (1995:22)

Anak Tunagrahita Ringan
Tunagrahita Ringan

Tunagrahita terdiri dari berbagai klasifikasi dan memiliki ciri dan karakteristik khusus salah satunya adalah Anak tunagrahita ringan. Para ahli mendefinisikan tunagrahita ringan dengan berbagai teori berdasarkan sudut pandang dan disiplin ilmu yang mereka miliki. Akan tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa Anak tunagrahita ringan merupakan anak yang mengalami hambatan fungsi kecerdasan intelektual memiliki IQ antara 50-70 yang menyebabkan timbulnya masalah-masalah yang harus dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari yang terjadi pada masa perkembangannya.

Ditinjau dari segi IQ anak tunagrahita ringan memiliki IQ sekitar 50 sampai 70. Moh. Amin (1995:22) mengemukakan bahwa: “Anak tunagrahita ringan adalah mereka yang kecerdasan dan adaptasi sosialnya terlambat, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam bidang akademik, penyesuaian sosial dan kemampuan bekerja.”

Anak tunagrahita ringan dikategorikan paling tinggi kecerdasannya. Pengertian anak tunagrahita ringan menurut Krik dan Gallagher (1986:96) yang diterjemahkan oleh Amin dan Kusumah (1990:69) istilah anak tunagrahita ringan adalah :
Seseorang tunagrahita ringan disebabkan karena perkembangan mentalnya lambat, tetapi masih mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam tiga hal: 1) Kemampuan untuk mempelajari bidang pelajaran akademik pada tingkat dasar dan menengah. 2) Kemampuan dalam menyelesaikan masalah sosial supaya anak dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat. 3) Kemampuan dalam bekerja agar anak secara sabagian atau menyeluruh dapat berdiri sendiri seperti pada anak dewasa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel