Seorang Ayah Membuat Aplikasi iPad untuk Anaknya yang Autis

Seorang Ayah Membuat Aplikasi iPad untuk Anaknya yang Autis
Seorang Ayah Membuat Aplikasi iPad untuk Anaknya yang Autis

Awalnya, Joe Hill hanya ingin berkomunikasi secara lancar dengan dua anaknya yang autis, Deacon dan Gunnar Hill. Ia coba-coba menciptakan alat bantu khusus di iPad-nya. Kini, aplikasi iPad khusus autis buatannya menyebar ke seluruh dunia.

"Perjalanan menemukan aplikasi ini adalah perjalanan saya berdamai dengan autisme," katanya. Dua anaknya sekaligus, masing-masing 3 dan 4 tahun, adalah penyandang autis. "Aplikasi ini bukan tentang mendefinisikan dirinya, tapi bagaimana kita bisa memperlakukan dia dan bagaimana membuat yang terbaik yang bisa dilakukan dalam hidupnya."

Joe bekerja sama dengan Zack Miller, yang bekerja untuk We Are Titans, sebuah perusahaan pengembangan produk lokal. Kedua merancang aplikasi yang kemudian dinamakan Aeir Talk. Aplikasi ini menjadi semacam perangkat bicara dengan menggunakan flash card dan rekaman suara orang tua.

"Saya membayangkan melihat anak-anak lain menggunakannya dan mendapatkan senyum cerah di wajahnya ketika mereka mendengar suara orang tua mereka berbicara... alangkah menyenangkannya," kata Hill.

Kini, para orang tua anak autis di Kanada, Eropa, dan bahkan Asia mengunduh Aeir Talk dan angka penjualannya kian melambung. Tapi bagi Joe, bukan itu berkah yang diterimanya. "Hadiah terbesar adalah ketika salah seorang anak saya juga mulai menggunakannya," katanya, seraya menyebut, hal itu sungguh di luar dugaannya.

Melalui slide khusus, sang anak mengatakan perasaannya. Tak hanya menggunakan bahasa aplikasi, perilaku sang anak juga mulai berubah menuju positif. "Suatu hari dia datang pada saya dan wajahnya tak murung lagi, dia memberi saya pelukan. Saya berkata, 'aku mencintaimu, Bud'. Saya tidak mengharapkan jawaban, tapi ia segera kembali memeluk dan berkata, ' aku mencintaimu, Ayah'."

Belakangan, aplikasinya ini tidak hanya dimanfaatkan oleh anak-anak autis. Mereka yang tengah belajar bahasa Inggris, juga memanfaatkannya. Informasi mengenai Aeir Talk bisa Anda intip di sini: http://aeirtalk.com/.

0 Response to "Seorang Ayah Membuat Aplikasi iPad untuk Anaknya yang Autis "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel