Sekilas Tentang Program Pembelajaran Individual (PPI)

Pengertian PPI

Program Pembelajaran Individual (PPI) adalah program pengajaran yang diberikan pada anak seorang demi seorang, secara terpisah dengan waktu yang khusus, (Astati, 2001:41). Sejalan dengan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa program pembelajaran individual merupakan program pembelajaran yang diberikan untuk setiap siswa dengan memperhatikan karakteristik atau kondisi setiap siswa, sehingga program pembelajaran yang diberikan berbeda-beda antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. 

Komponen PPI

Program Pembelajaran Individual (PPI) memiliki beberapa komponen antara lain : 
  1. Deskripsi Taraf Kemampuan Siswa. Di dalam penyusunan program pembelajaran individual perlu diketahui kondisi kemampuan siswa pada saat ini yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan program pembelajaran. Deskripsi taraf kemampuan siswa dapat diketahui dengan melakukan asesmen terhadap siswa. 
  2. Tujuan Pembelajaran Umum. Tujuan ini menggambarkan kemampuan yang dimiliki siswa sebagai hasil belajar sehingga ada perubahan kemampuan siswa.
  3. Tujuan Pembelajaran Khusus. Dalam tujuan ini perlu memilih kata kerja operasional dan memperhatikan kejelasan antara kata kerja operasional dengan karakteristik siswa. 
  4. Deskripsi Tentang Pelayanan. Deskripsi tentang pelayanan meliputi : siapa yang mengasajar siswa, materi yang diberikan, dan media/alat bantu yang digunakan.
  5. Waktu Pembelajaran. Waktu pembelajaran meliputi kapan pengajaran dimulai, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengadakan program pembelajaran individual.
  6. Prosedur Evaluasi. Evaluasi dalam Program Pembelajaran Individual (PPI) bersifat menyeluruh dan berkesinambungan yang menyangkut semua aspek meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

0 Response to "Sekilas Tentang Program Pembelajaran Individual (PPI)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel