5 Faktor Penyebab BLSM Tidak Tepat Sasaran

Faktor-faktor yang menyebabkan penyaluran BLSM Tidak Tepat Sasaran

Info [K-moe] - Proses penyaluran bantuan langsung sementara masyarakat dinilai banyak kalangan tidak tepat sasaran, masih memungkinkan dibenahi. Penerima bantuan yang dianggap tidak layak bisa diganti warga lain yang dinilai lebih berhak dengan cara pengalihan penerima bantuan kompensasi kenaikan harga BBM tersebut yang diawali dengan musyarawah di tingkat kelurahan yang bertujuan untuk menentukan penggantian penerima BLSM dari satu warga kepada warga lain yang dianggap lebih layak. Oleh karena itu masyarakat perlu melaporkan kesalahan pembagian BLSM di lapangan, kepada kelurahan setempat. Setelah dimusyawarahkan di tingkat kelurahan, daftar penerima pengganti tersebut bisa dikirim ke kantor pos. Nantinya, pihak kantor pos akan menindaklanjuti hasil musyarawah tersebut dan mengirimkannya kepada Kementerian Sosial (Kemensos).

Mengenai hal tersebut, terdapat 5 faktor yang dapat menyebabkan penyaluran BLSM tidak tepat sasaran.
  1. Ada kalangan yang menyebutkan data tersebut merupakan kompilasi hasil survei BPS tahun 2010 dan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011.
  2. Belum optimalnya persiapan yang dilakukan pemerintah.
  3. Kurangnya informasi mengenai kriteria penerima BLSM.
  4. Kurangnya sosialisasi dari pemerintah khususnya kepada masyarakat.
  5. Kurangnya kesadaran masyarakat (khususnya penerima BLSM yang tergolong orang mampu) untuk mengembalikan dana yang telah diterima.

0 Response to "5 Faktor Penyebab BLSM Tidak Tepat Sasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel