Klasifikasi Anak Tunagrahita

Klasifikasi Anak Tunagrahita
Klasifikasi Anak Tunagrahita

Klasifikasi Anak Tunagrahita

Pengklasifikasian anak tunagrahita bukan berarti mendeskriminasikan, akan tetapi untuk memudahkan para pelaku pendidikan khusus dalam memberikan layanan pendidikan yang sesuai dengan karakter dan kondisi anak tunagrahita tersebut sehingga layanan pendidikan yang diberikan pun dilakukan secara optimal.

Anak tunagrahita meliputi berbagai tingkat/derajat dari yang ringan sampai kepada tingkat yang berat. Klasifikasi anak tunagrahita menurut AAMD (American Assosiation on Mental Deficiency) dan PP No. 72 tahun 1991 dalam Amin (1995:22-24) klasifikasi anak tunagrahita terbagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut :

  1. Tunagrahita ringan. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini meskipun kecerdasannya dan adaptasi sosialnya terhambat, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam bidang pelajaran akademik, penyesuaian sosial dan kemampuan bekerja.
  2. Tunagrahita sedang. Anak tunagrahita sedang memiliki kemampuan intelektual umum dan adaptasi perilaku di bawah tunagrahita ringan. Mereka dapat belajar keterampilan sekolah untuk tujuan-tujuan fungsional, mencapai suatu tingkat “tanggung jawab sosial” dan mencapai penyesuaian sebagai pekerja dengan bantuan.
  3. Tunagrahita berat dan sangat berat. Anak yang tergolong dalam kelompok ini pada umumnya hampir tidak memiliki kemampuan untuk di latih mengurus diri sendiri melakukan sosialisasi dan bekerja. Di antara mereka (sampai batas tertentu) ada yang dapat mengurus diri sendiri dan dapat berkomunikasi secara sederhana serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya yang sangat terbatas.

WHO mengklasifikasikan anak tunagrahita sebagai berikut :

  1. Tunagrahita Ringan IQ 50-70
  2. Tunagrahita Sedang IQ 30-50
  3. Tungrahita Berat/ Sangat Berat IQ < 30

Dapat disimpulkan bahwa klasifikasi anak tunagrahita terbagi menjadi tiga kelompok yaitu : tunagrahita ringan, tunagrahita sedang, dan tunagrahita berat/sangat berat dimana yang dijadikan tolak ukur dalam pengklasifikasian mereka adalah tingkat IQ mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel