Cara Cek Info GTK, Cek SKTP, Insentif terbaru 2018

Cara Cek Info GTK, Cek SKTP, Insentif terbaru 2018 - Info [K-Moe]
Cara Cek Info PTK terbaru 2018 - Info [K-Moe]

Apa itu Info GTK?

Lembar Info PTK atau Lapor Tunjangan Dikdas (LTD) ialah fasilitas bagi guru/PTK yang disediakan oleh Direktorat P2TK Dikdas untuk membantu guru melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui Aplikasi Dapodik.

Fungsi

Lembar Info PTK berfungsi sebagai sarana bagi guru untuk mengecek kebenaran data yang telah diinput dalam aplikasi pendataan Dapodik, dimana sebagai salah satu persyaratan untuk pengajuan, pencairan tunjangan seperti Insentif, Sertifikasi, dan juga untuk keperluan yang berhubungan dengan kepegawaian.

Perubahan

Pada tahun-tahun sebelumnya cek info PTK/GTK dilakukan melalui website Info GTK yang berisikan url berupa angka tetapi saat ini pengecekan data guru dilakukan melalui akun guru pembelajar atau sering disebut SIMPKB. Awalnya login menggunakan NRG, NUPTK, dan juga NIK dengan pasword Tahun, Tanggal, dan Bulan Kelahiran, tetapi sekarang ini login menggunakan Nomor peserta UKG dan menggunakan Pasword yang didapat pada saat Registrasi atau juga bisa dari Ketua Komunitas.

Cara cek Info PTK Terbaru Tahun 2018

Cara untuk mengecek Info PTK dapat dilakukan melalui Langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi SIMPKB : https://paspor.simpkb.id/
  2. Login menggunakan Account SIM PKB (nomor peserta UKG)
  3. Ketik Nomor Peserta UKG
  4. Masukkan Pasword
  5. Ketikkan kode captca (Permintaan untuk memasukkan kode captca umumnya terjadi ketika anda telah melakukan kesalahan dalam memasukkan nomor peserta atau juga pasword dalam beberapa kali)
  6. Lembar Login SIMPKB - Info [K-Moe]
    Lembar Login SIMPKB - Info [K-Moe]
  7. Cari Layanan Info GTK (terletak di bagian kiri bawah)
  8. Click Layanan Info GTK untuk membuka info GTK
  9. Layanan Info GTK (terletak di bagian kiri bawah) - Info [K-Moe]
    Layanan Info GTK (terletak di bagian kiri bawah) - Info [K-Moe]

Jika setelah klik layanan info gtk, halaman info gtk tidak terbuka atau ada keterangan bahwa data tidak ditemukan, maka cek penulisan nomor peserta UKG pada aplikasi dapodik anda sudah benar atau belum.

Permasalahan yang umumnya terjadi

Bisa login SIMPKB tetapi lembar Info GTK kosong. Berdasarkan pengalaman saya solusinya dengan mengganti operator internet, ketika menggunakan provider dari Telkomsel ataupun Telkom Speedy terjadi kesalahan seperti di atas. Kemudian saya mencoba menggunakan provider smartfrend ternyata berhasil, semua data di lembar info PTK semuanya muncul.

atau bisa juga terjadi karena jaringan sedang sibuk dan juga servernya lagi sibuk ulangi di waktu-waktu istirahat seperti sore, malah ataupun pagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel