Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri K13 Revisi 2017
Januari 17, 2018

Rincian Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri K13 Revisi 2017
Uraian | Keterangan |
---|---|
Tema | Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri |
Jenis | Buku Guru |
Model | Tematik |
Satuan Pendidikan | SD (Sekolah Dasar) |
Kelas | I/1 (Satu) |
Semester | Genap/2 (Dua) |
Penulis | Nurhasanah, Iba Muhibba, dan Lubna Assagaf |
Penerbit | Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud |
Jumlah Halaman | 210 hal. |
Tahun | Edisi Revisi 2017 |
ISBN | 978-602-282-889-1 |
Subtema
Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri K13 Revisi 2017 terdiri dari 4 subtema antara lain:- Lingkungan Rumahku
- Lingkungan Sekitar Rumahku
- Lingkungan Sekolahku
- Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Buku guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dari berbagai mata pelajaran.
- Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
- Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
- Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran
- Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
- Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif
- Berbagai teknik penilaian siswa.
- Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan
- Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
- Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
- Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
- Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
- Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari
- Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Pertimbangan
Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, Guru dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.