Buku Guru Kelas 2 (Dua) Tema 5 Pengalamanku K13 Revisi 2017

Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku K13 Revisi 2017
Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku K13 Revisi 2017

Rincian Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku K13 Revisi 2017

UraianKeterangan
TemaPengalamanku
JenisBuku Guru
ModelTematik
Satuan PendidikanSD (Sekolah Dasar)
KelasI/1 (Satu)
SemesterGenap/2 (Dua)
PenulisTaufina
PenerbitPusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Jumlah Halaman234 hal.
TahunEdisi Revisi 2017
ISBN978-602- 427-170-1

Subtema

Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Pengalamanku K13 Revisi 2017 terdiri dari 4 subtema antara lain:
  1. Pengalamanku di Rumah
  2. Pengalamanku di Sekolah
  3. Pengalamanku di Tempat Bermain
  4. Pengalamanku di Tempat Wisata

Buku Guru Kelas Dua Tema 5 K13 ini disusun sebagai pedoman bagi guru agar mendapatkan gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.

  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD).
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian peserta didik.
  5. Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
  6. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Kegiatan pembelajaran dalam buku Tema 5 Pengalamanku kelas dua sekolah dasar ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi dalam memberikan pemahaman kepada siswa secara khusus atau umumnya sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. emberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.

Pertimbangan

Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, siswa dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.

Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.

Download Buku

Klik tombol download atau baca

DownloadBaca Online

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel