Buku Guru Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan K13 Revisi
Januari 05, 2018

Rincian Buku Guru Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Kurikulum 2013 Revisi
Uraian | Keterangan |
---|---|
Tema | 7 Peristiwa dalam Kehidupan |
Jenis | Buku Guru |
Model | Tematik |
Satuan Pendidikan | SD (Sekolah Dasar) |
Kelas | V (lima) |
Semester | Genap/2 (Dua) |
Penulis | Maryanto, Fransiska, Diana Puspa, Heny Kusumawati, dan Ari Subekti. |
Penerbit | Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud |
Jumlah Halaman | 224 hal. |
Tahun | Edisi Revisi 2017 |
ISBN | 978-602-427-197-4 |
Subtema
Buku Guru Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan terdiri dari 4 subtema antara lain:- Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan
- Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan
- Peristiwa Mengisi Kemerdekaan
- Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.
- Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) yang sesuai dengan Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan.
- Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
- Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
- Berbagai teknik penilaian peserta didik.
- Kegiatan interaksi guru dan orang tua yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar peserta didik di rumah.
- Petunjuk penggunaan buku peserta didik.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi sebagai berikut.
- Membuka pelajaran yang menarik perhatian peserta didik seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
- Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
- Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
- Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Pertimbangan
Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, siswa dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.