Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku K13 Revisi 2017

Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku K13 Revisi 2017
Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku K13 Revisi 2017

Rincian Buku Siswa Kelas 4 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku K13 Revisi 2017

UraianKeterangan
TemaIndahnya Keragaman Negeriku
JenisBuku Siswa
ModelTematik
Satuan PendidikanSD (Sekolah Dasar)
KelasIV/4 (Empat)
SemesterGenap/2 (Dua)
PenulisHeny Kusumawati.
PenerbitPusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Jumlah Halaman170 hal.
TahunEdisi Revisi 2017
ISBN978-602-282-904-1

Subtema

Buku Siswa Kelas 4 Tema Indahnya Keragaman di Negeriku K13 Revisi 2017 terdiri dari 3 subtema antara lain:
  1. CKeragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
  2. Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
  3. Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku

Buku Siswa Tema 7 K13 ini disusun sebagai pedoman bagi guru agar mendapatkan gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut.

  1. Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
  2. Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.
  3. Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.
  4. Pada semester 2 terdapat 4 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi
  5. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian siswa.
  6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.
  7. Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.
  8. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Saran- saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran.
  9. Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.
  10. Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan
  11. sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.
  12. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
  13. Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

Kegiatan pembelajaran dalam buku Tema 7 didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi dalam memberikan pemahaman kepada siswa secara khusus atau umumnya sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. emberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.

Pertimbangan

Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, siswa dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.

Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.

Download Buku

Klik tombol download atau baca

DownloadBaca Online

Lihat Juga

Download Buku Guru Kelas 4 Semester 2 Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku Kurtilas (K13) Revisi 2017, Buku Tematik Kelas 4 Kurikulum 2013 (K13) Tema 7 Revisi 2017. ISBN 978-602-282-904-1
Reaksi :
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Halaman relevan lainnya
Beri Komentar