Pengumuman Hasil Kelulusan PLPG 2017 Rayon 110 UPI

Pengumuman Hasil Kelulusan PLPG 2017 Rayon UPI - Info [K-Moe]
Pengumuman Hasil Kelulusan PLPG 2017 Rayon UPI - Info [K-Moe]

Apa itu PLPG?

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) merupakan pola sertifikasi dalam bentuk pelatihan yang diselenggarakan oleh Rayon LTPK untuk memfasilitasi terpenuhinya standar kompetensi guru peserta sertifikasi. Beban belajar PLPG sebanyak 90 jam pembelajaran dan dilaksanakan dalam bentuk perkuliahan dan workshop menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan (PAIKEM).

Tujuan PLPG

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan menentukan kelulusan guru peserta sertifikasi.

Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Sertifikasi guru bertujuan untuk: (1) menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, (2) meningkatkan proses dan hasil pembelajaran, (3) meningkatkan kesejahteraan guru, serta (4) meningkatkan martabat guru; dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Pengumuman Kelulusan PLPG 2017 Rayon UPI

Berdasarkan Surat Keputusan MENRISTEK-DIKTI 296/M/KPT/2016, penyelenggara sertifikasi guru dalam jabatan Rayon 110 ditetapkan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai Rayon LPTK, empat Subrayon LPTK dan dua LPTK Mitra, yaitu: (1) Universitas Siliwangi Tasikmalaya, (2) Universitas Islam Nusantara, (3) Universitas Pasundan, (4) Universitas Pakuan.

Sesuai dengan buku Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2017, yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengenai ketentuan kelulusan Sertifikasi Guru dalam Jabatan, dengan ini diinformasikan bahwa:

  1. Kelulusan peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan ditentukan oleh dua komponen, yaitu ujian akhir plpg dan uji kompetensi guru (UKG) dalam bentuk uji tulis nasional (UTN)
  2. Ujian akhir PLPG dilaksanakan oleh Rayon/Sub Rayon LPTK sebagai pelaksana kegiatan Sertifikasi Guru dalam Jabatan
  3. Skor ujian akhir PLPG, yang selanjutnya disebut Skor Akhir PLPG (SAP) terdiri dari empat komponen yaitu Skor Pembekalan (SP), Skor Uji Tulis (SUT), Skor Uji Kinerja (SUK), dan Skor Workshop (SWS)
  4. Kelulusan Ujian Akhir PLPG merupakan prasyarat untuk mengikuti Ujian Tulis Nasional (UTN)
  5. Ujian Tulis Nasional (UTN) dilaksanakan secara daring (dalam jejaring) di bawah kendali Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Rayon/Subrayon LPTK hanya menyediakan TUK (Tempat Uji Kompetensi) dan Pengawas
  6. Ujian Tulis Nasional (UTN) memiliki skor minimum sebagai batas kelulusan
  7. Peserta Sertifikasi Guru dalam jabatan dinyatakan lulus dalam kegiatan Sertifikasi Guru jika telah lulus dalam Ujian Akhir PLPG dan Uji Kompetensi Guru (UKG) dalam bentuk uji tulis nasional (UTN)
  8. Surat Keputusan (SK) Kelulusan Sertifikasi Guru dalam Jabatan telah ditandatangani oleh Ketua Rayon 110 Universitas Pendidikan Indonesia, meliputi Kelulusan Kuota 2017, Kelulusan tahap kedua dan ketiga kuota 2016 (UTN Ulang I dan II), Kelulusan Kuota 2016 (Ujian Ulang PLPG), dan disampaikan kepada pihak-pihak terkait yaitu Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Subrayon, LPMP, Kemdikbud, dan Kemristekdikti.

Cek Kelulusan PLPG 2017 Rayon UPI

Bagi anda peserta PLPG 2017 Rayon UPI dapat melihat hasil PLPG yang telah anda ikuti melalui tombol di bawah.

Cek Kelulusan PLPG 2017

Pengumuman di buka Mulai pada tanggal 12 Januari 2018 Pukul 12.00 WIB

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel