Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku K13 Revisi 2017

Rincian Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku K13 Revisi 2017
Uraian | Keterangan |
---|---|
Tema | Kayanya Negeriku |
Jenis | Buku Siswa |
Model | Tematik |
Satuan Pendidikan | SD (Sekolah Dasar) |
Kelas | IV/4 (Empat) |
Semester | Genap/2 (Dua) |
Penulis | Maryanto |
Penerbit | Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud |
Jumlah Halaman | 178 hal. |
Tahun | Edisi Revisi 2017 |
ISBN | 978-602-282-910-2 |
Subtema
Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Kayanya Negeriku K13 Revisi 2017 terdiri dari 3 subtema antara lain:- Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
- Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
- Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia
- Karyaku Prestasiku
Buku Siswa Tema 9 K13 edisi revisi ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Kegiatan pembelajaran dalam buku paket Tema 9 didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) peserta didik melalui aktivitas yang bervariasi dalam memberikan pemahaman kepada siswa secara khusus atau umumnya sebagai berikut.- Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
- Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
- Memantik pengetahuan peserta didik yang diperoleh sebelumnya agar peserta didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
- Pemberian tugas yang bertahap guna membantu peserta didik memahami konsep.
- Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
- emberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
- Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman peserta didik.
Pertimbangan
Buku ini dipublikasikan di blog ini bermaksud hanya untuk membantu guru, siswa dan orang tua yang tidak memiliki buku tersebut dan memerlukannya untuk proses pembelajaran atau bimbingan baik di sekolah maupun di rumah.Bagi anda yang berkeinginan mengunduh buku ini niatkanlah dalam hati anda untuk mempergunakannya sebagaimana mestinya bukan untuk diperjualbelikan atau dikomersilkan.