Juklak / Juknis OLSN SMP 2018 Olimpiade Literasi Siswa Nasional SMP / MTs 2018

Juklak Juknis OLSN SMP 2018 Olimpiade Literasi Siswa Nasional SMP MTs 2018
Juklak / Juknis OLSN SMP 2018 Olimpiade Literasi Siswa Nasional SMP / MTs 2018

Download Putunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional Tahun 2018 untuk Sekolah Menegah Pertama / SMP / MTs / Sederajat Tahun 2018. Petunjuk pelaksanaan / juklak atau biasa juga disebut dengan petunjuk teknis / juknis untuk lomba siswa tingkat nasional yaitu olimpiade literasi siswa nasional tahun 2018 untuk tingkat SMP.

Juknis Juklak OLSN SMP Tahun 2018. Dalam upaya mengaplikasikan Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti dengan poin menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu 15 menit secara berkala untuk pembiasaan membaca sebelum jam pelajaran dimulai. Hal ini juga berkaitan dengan gerakan literasi sekolah yang diupayakan oleh Kemendikbud.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mengadakan kegiatan Olimpiade Literasi Siswa Nasional tahun 2018 sebagai wujud nyata bagi siswa untuk merefleksikan kemampuan dalam bidang literasi dan menciptakan generasi literat.

Agar kegiatan OLSN SMP tahun 2018 berjalan dengan baik dan sesuai target yang diharapkan, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menerbitkan Juknis Juklak OLSN SMP Tahun 2018 atau Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional tahun 2018. Buku Juknis Juklak OLSN SMP Tahun 2018 ini diharapkan menjadi pedoman bagi para siswa dan lainnya sebelum melaksanakan lomba.

Sasaran kegiatan OLSN SMP 2018:

Siswa SMP / MTs /Sederajat Tahun 2018

Adapun cabang yang dilombakan dalam OLSN SMP 2018 ini ada 4 cabang yakni:

  1. Lomba cipta cerpen Berbahasa Indonesia
  2. Lomba debat berbahasa Indonesia
  3. Lomba kreativitas cerita berbahasa Inggris (Story Telling)
  4. lomba cipta puisi

Juknis / Juklak OLSN SMP Tahun 2018

A. Persyaratan Peserta

Persyaratan siswa peserta OLSN sesuai Juknis/Juklak OLSN SMP Tahun 2018 yakni siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Siswa kelas VII atau VIII tahun pendidikan 2017/2018 yang status masih sebagai siswa SMP dibuktikan dengan NIS saat mengikuti lomba serta surat keterangan dari Kepala Sekolah yang setempat.
  2. Siswa yang terpilih sebagai peserta paling baik dari setiap jenis atau bidang lomba yang dilombakan.
  3. Peserta bukan juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 pada lomba OLSN yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMP tahun sebelumnya.
  4. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  5. Memiliki kelakuan yang baik dan tidak terlibat dalam pemakaian obat terlarang yang dibuktikan dengan surat keterangan Kepala Sekolah yang setempat.
  6. Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dengan jumlah peserta 1 (satu) bidang lomba/siswa.
  7. Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.

B. Ketentuan Lomba

  1. OLSN 2018 dibuka sejak diumumkan. Semua naskah untuk perlombaan OLSN SMP telah diterima oleh panitia paling lambat tanggal 31 Agustus 2018;
  2. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup yang diketahui kepala sekolah;
  3. Naskah perlombaan sepenuhnya menjadi hak milik panitia dan bisa dipublikasikan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penulis sebagai sumber data.
  4. Naskah peserta yang terpilih sebagai finalis akan diundang mengikuti OLSN SMP Tingkat Nasional pada 27 s.d. 31 Oktober 2018;
  5. Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar, foto copy kartu pelajar, surat keterangan dari kepala sekolah, dan ketentuan lain kemudian;
  6. Para finalis diwajibkan menyerahkan file softcopy makalah (format MS-Word);
  7. Para finalis diwajibkan menyerahkan hardcopy naskah untuk setiap cabang lomba; dan
  8. Para finaslis yang tidak hadir dalam tes presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis.

C. Pengiriman Naskah

Tata cara Pengiriman Naskah sesuai Juknis Juklak OLSN SMP Tahun 2018, Naskah dikirimkan dengan mengikuti aturan pada Petunjuk Teknis Registrasi Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN):

  1. Siswa wajib melak uk an penda f ta ran Dar ing (regist rasi online) sebelum mengirim naskah, melalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik paling lambat 31 Agustus 2018
  2. Naskah yang akan dilombakan, mengikuti rangkaian proses pendaftaran daring dengan men gir imk an nas k ah dalam for mat PDF, sesuai dengan petunjuk teknis pendaftaran.

Selengkapnya Silahkan download Juknis (Juklak) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP tahun 2018 dapat diunduh disini.

DownloadBaca Online

Demikian info tentang Juknis (Juklak) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP tahun 2018 semoga bermanfaat.

Lihat Juga

Juklak/Juknis OLSN SMP 2018 Olimpiade Literasi Siswa Nasional SMP MTs 2018, Persyaratan siswa peserta OLSN SMP Tahun 2018
Reaksi :
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Halaman relevan lainnya
Beri Komentar