Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018

Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018 Juknis PPDB Ibtidaiyah, Juknis PPDB Tsanawiyah, Juknis PPDB Aliyah/ MA, Juknis PPDB Aliyah Kejuruan/ MAK, Juknis PPDB Ibtidaiyah Luar Biasa/ MILB
Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018 Terbaru - Info [K-Moe]

Memasuki bulan Maret 2018, berarti masa Penerimaan Peserta Didik Baru semakin dekat. Karena itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama mengesahkan Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018. Adalah Keputusan Dirjen Pendis Kemenag Nomor 481 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018 merupakan panduan teknis bagi para pemangku kepentingan terkait dengan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB Kemenag 2018/2019). Baik untuk tingkat RA, MI, MTs, maupun MA dan MAK.

Dengan adanya Juknis PPDB madrasah 2018/2019 diharapkan proses dan tahapan penerimaan peserta didik di madrasah pada Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat berjalan dengan objektif, akuntabel, transparan, dan tanpa diskriminasi.

1. Tata Cara Penerimaan Peserta Didik Baru

Dalam Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018, madrasah dapat melaksanakan PPDB mulai bulan Februari hingga Juli.

Juknis PPDB tersebut juga mengatur terkait persyaratan penerimaan calon peserta didik (Bab II Juknis PPDB Kemenag) untuk setiap jenjang pendidikan. Salah satunya terkait dengan usia calon siswa yang diatur sebagai berikut:

  1. RA Kelompok A, berusia 4 s.d 5 tahun
  2. RA Kelompok B, berusia 5 s.d 6 tahun
  3. MI berusia paling rendah 6 tahun. Calon siswa dengan usia kurang dari 6 tahun yang memilki bakat istimewa dapat diterima dengan dibuktikan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  4. MTs, paling tinggi berusia 15 tahun dan telah memiliki ijazah dari jenjang sebelumnya.
  5. MA dan MAK, paling tinggi berusia 21 tahun dan telah memiliki ijazah dari jenjang sebelumnya.

Juknis PPDB Madrasah 2018

SK Dirjen Pendis Kemenag No 481 Tahun 2018 tentang Juknis PPDB Madrasah ini juga mengatur terkait rombongan belajar (Bab V). Jumlah rombel di masing-masing jenjang diatur sebagai berikut:

Untuk Madrasah Ibtidaiyah

  1. Jumlah siswa dalam satu rombel paling banyak 28 peserta didik
  2. Jumlah rombel dalam satu madrasah paling banyak 54 rombel
  3. Jumlah rombel dalam satu tingkat paling banyak 9 rombel

Untuk Madrasah Tsanawiyah

  1. Jumlah siswa dalam satu rombel paling banyak 32 peserta didik
  2. Jumlah rombel dalam satu madrasah paling banyak 33 rombel
  3. Jumlah rombel dalam satu tingkat paling banyak 11 rombel

Untuk Madrasah Aliyah (MA)

  1. Jumlah siswa dalam satu rombel paling banyak 36 peserta didik
  2. Jumlah rombel dalam satu madrasah paling banyak 36 rombel
  3. Jumlah rombel dalam satu tingkat paling banyak 12 rombel

Untuk Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

  1. Jumlah siswa dalam satu rombel paling banyak 36 peserta didik
  2. Jumlah rombel dalam satu madrasah paling banyak 72 rombel
  3. Jumlah rombel dalam satu tingkat paling banyak 24 rombel

Untuk Madrasah Ibtidaiyah Luar Biasa (MILB)

  1. Jumlah siswa dalam satu rombel paling banyak 5 peserta didik
  2. Untuk Madrasah Tsanawiyah Luar Biasa dan Madrasah Aliyah Luar Biasa (MTsLB dan MALB)
  3. Jumlah siswa dalam satu rombel paling banyak 8 peserta didik

2. Download Juknis PPDB Madrasah

Untuk membaca lebih lanjut dan dijadikan pedoman dalam penerimaan peserta didik baru di setiap madrasah, silakan untuk mengunduh SK Dirjen Pendis Kemenag No 481 Tahun 2018 tentang Juknis PPDB Madrasah

Download.

Harapnnya Juknis PPDB Madrasah ini bisa menjadi pedoman bagi Kepala Madrasah, orangtua siswa, masyarakat, maupun pemangku kebijakan lainnya dalam rangka pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di madrasah.

Lihat Juga

Juknis PPDB Madrasah Tahun 2018 Juknis PPDB Ibtidaiyah, Juknis PPDB Tsanawiyah, Juknis PPDB Aliyah/ MA, Juknis PPDB Aliyah Kejuruan/ MAK, Juknis PPDB Ibtidaiyah Luar Biasa/ MILB.
Reaksi :
Blok kemudian tekan tombol Ctrl dan huruf C pada keyboard secara bersamaan untuk copy artikel di atas. Bagi pengguna Google Chrome bisa menyimpan halaman ini dalam bentuk *pdf melalui tombol print/save di atas.! Bagi yang mau repost ulang harap untuk mencantumkan tautan/sumber!..

Jika Anda menyukai , Share melalui social media di atas (satu suka dari anda sangat berarti bagi kami. Tuliskan kritik dan saran anda pada form komentar di bawah! Ketikan email dan klik subcribe untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info [K-Moe].

Halaman relevan lainnya
Beri Komentar