Contoh Teks Eksposisi Singkat, Lengkap Dengan Penjelasannya

Contoh Teks Eksposisi Singkat – Teks eksposisi adalah bentuk tulisan, maupun karangan yang berbentuk paragrap yang mengandung beberapa info yang valid, akurat, ilmiah, non fiksi, yang disajikan secara singkat, pada dan, jelas sehingga tulisan ini sanggup mengjelaskan suatu pemikiran dan membawa para pembaca ke pemikiran yang lebih luas lagi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks esposisi adalah penjelasan maupun eksplanasi yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan dari sebuah teks.

Seorang ahli Bahasa Indonesia bernama Keraf (1995) menyatakan bahwa eksposisi adalah bentuk wacana yang berupaya menguraikan sesuatu ataupun objek sehingga wacana tersebut bisa memperluas pemikiran maupun pengetahuan si pembacanya. Dalam bahasa sederhananya, merupakan bentuk wacana yang tujuannya yakni untuk menguraikan maupun menjelaskan info mengenai suatu objek

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Struktur Teks Eksposisi


Secara umum, ada 3 struktur yang menyusun sebuah teks Eksposisi. Struktur tersebut bisa dijadikan acuan maupun pedoman saat seseorang mau berhasil membuat sebuah teks eksposisi.

1. Pendahuluan maupun tesis berisikan ide dari kalimat eksposisi. Pada bagian ini dilansir pemikiran si penulis berbentuk topik yang akan dibahasnya. Pada bagian ini juga diuraikan maksud dari isi totalitas kalimat yang akan dipaparkan.

2. Isi maupun tubuh eksposisi berisi penjelasan pokok dan pengembangan dari tesis sebelumnya. Pada bagian ini memuat alasan dan dalil ilmiah yang berfungsi mendukung pemikiran maupun tesis sebelumnya.

3. Kesimpulan, berisi penegasan kembali tesis sebelumnya.

Berikut ini kita akan mengulas lengkap tentang contoh teks eksposisi yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks eksposisi berita, contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan, contoh teks eksposisi perbandingan, contoh teks eksposisi tentang lingkungan, contoh teks eksposisi ilustrasi, contoh teks eksposisi definisi, contoh teks eksposisi tentang ekonomi, dll.

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi beserta strukturnya tentang Diskriminalisasi Terhadap perempuan.

Tesis:
perempuan rentan sebagai objek kejahatan. Salah satu negeri yang paling tidak aman terhadap kalangan perempuan ialah Indonesia. kira-kira setiap harinya kejahatan terhadap perempuan dilaporkan di Indonesia. Pelakunya juga tidak terduga terlebih lagi keluarga sendiri menjadi salah satu pelakunya. Hal tersebut memicu beberapa pendapat ahli sosial mengenai kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Isi:
walaupun Indonesia memiliki undang-undang yang menjerat pelaku aksi criminal, namun hukum tersebut tidak membuat para pelaku jera. Para ahli sosial merumuskan bahwa stereotype yang terjalin di masyarakat yang menimbulkan tingginya aksi kriminal terhadap perempuan. Di Indonesia, konstruksi sosial kita menganut sistem patriaki diaman kedudukan lelaki dikira lebih tinggi dari perempuan.

Usaha pemerintah untuk mengrangi bermacam aksi kriminal seperti sosialisasi pembedayaan perempuan, mengadakan gerbong kereta khusus perempuan, memprioritaskan kebutuhan perempuan ditempat umum dan sebagainya. Namun tetap saja ada oknum yang melanggar ketentuan tersebut.

Kesimpulan:
Karena sistem sosial patriaki terus mendarah daging di Indonesia, sehingga perempuan ingin tdak ingin mengikuti semua ketentuan sosial yang condong mendiskriminasi gender. Sistem ini juga menuntun perempuan untuk selalu cemas dan patuh terhadap lelaki. Kendati demikian ada saja perempuan yang melawan namun tetap saja masyarakat mengatakan aksi tersebut tidak pantas dilakukan oleh seorang perempuan yang dikonstruksi lemah lembut dan penurut.

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan


Berikut ini ialah contoh teks eksposisi tentang kesehatan, yakni Tidur Secara tertib bisa Memelihara Kesehatan Tubuh dan Otak.

Tubuh dan otak manusia adalah organ utama yang sangat rentan terkena virus. Ketahanan organ lain manusia tergantung pada kondisi raga tubuh dan fikiran. saat tubuh manusia sudah tidak sanggup mentolerir virus dari luar maka, organ vital yang lain yang berada didalam tubuh juga akan terkena virus. seperti itu mengapa kesehatan tubuh sangat penting dilakukan. Begitu juga saat fikiran manusia tersendat maupun keletihan maka organ yang lain juga akan terganggu.

Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dan memelihara fungsi otak yang paling umum dan praktis ialah membiarkan kedua organ utama tubuh kita istirahat sesuai dengan anjuran kesehatan. Tubuh manusia bila diibaratkan dengan barang, sama halnya dengan barang elektronik yang lain yang apabila terus-terusan dipakai akan menimbulkan kehancuran. Seseorang yang berfikir sangat kerap juga akan menjadi beban fikiran yang berimplikasi terhadap kesehatan.

Tidur adalah salah satu bentuk kegiatan yang bisa mengistirahatkan tubuh dan otak manusia. Manusia dianjurkan tidur minimun 6 jam perharinya untuk tetap menjaga fungsi organ tubuh dan otak. teruji saat seseorang mengalami ketiadaan tidur maka badannya akan terasa sakit dan kepala yang terasa aagak berat. Hal tersebut dirasakan karena tubuh dan otak tidak menerima istirahat yang cukup.

saat kita tertidur, organ dan otak akan memperbaiki pribadinya sendiri dan mengembalikan energi dan tenaga yang terkuras sepanjang kita terbangun. Orang yang memiliki kebiasan tidur larut malam terlebih lagi tidur sampai larut malam semalaman rentan terkena penyakit berbahaya. riset meyakinkan bahwa orang yang memiliki kebiasan tersebut rentan terkena diabet walaupun kandungan gula yang mereka komsumsi tiap harinya rendah. saat tidur pada malam hari, tubuh manusia memproduksi insulin yang berfungsi sebagai penyeimbang kandungan gula dalam darah.

walaupun tidur dikira hal yang sepele namun kegiatan tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan setiap hari manusia paling utama orang-orang yang bekerja baik raga dan otak pada siang harinya.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan


Berikut ini ialah contoh teks eksposisi perbandingan tentang Antara Desa dan Kota.

Desa adalah wilayah pemukiman yang bisa dikatakan kurang terkenal sebagai tempat tinggal masyarakat. Desa ditatap sebagai tempat yang sangat keterbelakangan. kira-kira tidak ada sarana dan teknologi mencukupi yang yang bisa diakses masyarakat untuk mempermudah kegiatan. Keterbelakangan teknologi tersebut menjadikan masyarakat yang hidup di pedesaan terkesan kuno dan primitive.

Berbeda dengan wilayah perkotaan. Semua sarana dan teknologi ada dan mudah diakses. kegiatan manusia serba-serbi instant karena didukung oleh teknologi yang mencukupi. Itu sebabnya banyak orang desa bermigrasi ke kota untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. tidak hanya itu perputaran duit dan ekonomi juga terjalin sebagian besar di perkotaan. Kendati demikian banyak pulamasyarakat kota yang jenuh dengan kota metropolitan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat tentang Pendidikan


Berikut ini ialah contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan, yakni “Masyarakat Indonesia: Produk Sekolah Buruh”.

sepanjang ini ada yang salah dengan sistem pendidikan kita. Waktu belajar dan mata pelajaran yang diatur sedemikian rupa sangat tidak efektif bagi pelajar Indonesia. Pelajar kerap merasa bosan karena sangat lama disekolah. 6 jam setiap harinya hanya membaca buku dan mengerjakan tugas. sementara itu waktu efektif belajar yang dianjurkan maksimal 1 jam.

Seorang ilmuan merumuskan bahwa manusia saat ini adalah produk sekolah yang hanya mempersiapkan mereka menjadi buruh. ketentuan belajar dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang sama halnya dengan ketentuan buruh. sementara itu rata-rata otak manusia hanya fokus menerima materi pada 20 menit pertama saat pelajaran diawali.

bila dicermati, negara-negara berkembang didunia mempraktikkan waktu belajar yang lama bagi siswanya dengan sebab agar pelajaran yang didapat lebih banyak. Berbeda dnegan negeri maju yang hanya mempraktikkan 3-4 jam belajar. Namun bila kita analisis lebih dalam, sekolah negeri berkembang sepanjang ini hanya menciptakan masyarakat yang dipersiapkan untuk bekerja secara raga saja. Intelektual siswanya terbatasi karena harus mengikuti alur pelajaran yang diberikan tanpa dibiarkan menumbuhkan intelektual mereka sendiri.

Untuk mempebaiki sistem pendidikan yang sepanjang ini melekat pada muka pendidikan di Indonesia memang sangat susah karena anggapan yang menyatakan belajar lebih lama akan lebih mencerdaskan malah sudah menjadi buah fikiran utama masyarakat Indonesia. Kendati demikian masih ada waktu untuk memperbaii semua ini.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi ilustrasi.

sempatkah kalian merasa gugup saat berdialog ataupun tampak didepan orang banyak? Biasanya hal tersebut dinamakan demam panggung. Demam panggung terjalin karena kita tidak terbiasa tampak di publik dan selalu merasa bahwa apa yang akan kita sampaikan salah setelah itu akan ditertawakan orang banyak. Ketakutan teresebut malah muncul karena kerasa kurang percaya diri terus kita pelihara.

dampak yang ditimbulkan demam panggung yakni badan seacara otomatis lemas saat akan menerapkan pertunjukan ataupun berdialog di depan umum. suasana hati yang berbedar dan muka pucat karena cemas salah. Demam panggung juga akan kurangi konsentrasi kita sementara itu sebelumnya kita sudah mempersiapkan dengan matang dibelakang panggung.

Cara yang paling baik untuk menghindari hal tersebut terjalin merupakan dengan membiarkan tubuh serileks mungkin sebelum memulai pertunjukan. Tarik nafas yang panjang akan melancarkan oksigen masuk ke otak dan menimbulkan otak bekerja dengan baik sehingga konsetrasi terpelihara. Tarik nafas juga bisa meregangkang otot-otot yang inginnya kaku saat merasa cemas.

Contoh Teks Eksposisi Definisi


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi definisi.

Istilah maskulin kerap kita dengar untuk menggambarkan watak lelaki. Maskulin didefinisikan sebagai atribut, sikap, watak, karakter yang identik dengan lelaki. Namun perlu dibedakan maskulin dengan kelamin. bila maskulin hanya watak dan karakter, kelain adalah kondisi biologis yang menjadi fitrah ataupun kodrat seorang manusia.

walaupun watak maskulin identik dengan lelaki, namun tidak menutup mungkin saja seorang perempuan memiliki watak maskulin dan kebalikannya lelaki memiliki watak feminis. Karena konstruksi sosial yang mengharuskan lelaki bertabiat maskulin dan seorang perempuan bertabiat feminim, maka saat ada lelaki yang bertabiat feminis dan kebalikannya akan dirasa janggal dalam lingkungan sosial masyarakat.

sementara itu karakter feminis dan maskulin tercipta berdasarkan naluri manusia. Tidak semua perempuan harus menggemari dan bertabiat feminim dan tidak semua lelaki harus menggemari dan berlagak maskulin. Kendati demikian struktur sosial yang masih mendiskriminasi gender ini masih saja diterapkan di masyarakat.

Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi tentang lingkungan, yakni “Lingkungan yang kecil pengaruhi Kesehata Mata”.

Masyarakat perkotaan identik dengan hunian serba-serbi minimalis yang terkesan kecil. Hal tersebut disebabkan kepadatan penduduk kota dan lahan yang ada sangat terbatas. Mahalnya harga tanah di perkotaan juga menimbulkan masyarkat tingkatan menengah perkotaan membangun rumah denga luas seadanya. sementara itu masyarakat yang nitabenenya berkegiatan di rubrik yang kecil rentan terkena penyakit mata.

Mata manusia membutuhkan zona pemikiran yang cukup luas untuk melatih otot-otot mata. Orang yang biasa berkegiatan dilingkungan yang kecil hanya bisa melihat benda-benda dengan jarak rekatif dekat dengan mata. saat hal tersebut terus-terusan terjalin, otot mata menjadi tidak elastis lagi karea dibiasakan melihat yang dekta-dekat saja. Otot mata yang kaku inilah penyebab seseorang mengidap miopi ataupun rabun jauh.

bila dicermati, tingkatan pemakaian kacamata pada masyarakat yang tinggal di lingkungan pedesaan berbeda sangat tajam dengan masyarakat yang tinggal di lingkungan perkotaan. terlebih lagi kanak-kanak yang tinggal di padatnya perkotaan memiliki penyakit miopi dini yang sudah kronis.

Untuk itu, perlunya pemahaman masyarakat perkotaan untuk sekali-kali melatih oto-otot mata dengan bersantai di pedesaan ataupun halaman yang luas. Apalagi saat miopi sudah melanda kanak-kanak dibawah umur yang dirasa apabila hal tersebut terus terjalin maka tidak menutup mungkin saja kedepannya masyarakat kita akan melahirkan generasi mata rabun.

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi identifikasi.

Ada banyak jenis ayam yang bisa disantap dan tersebar di dunia ini. Ayam adalah salah satu dari jenis hidangan yang paling banyak disantap masyarakat dunia. kira-kira seluruhnya memiliki ciri yang sama namun hanya dibedakan oleh struktur dagng dan kerasanya saja. Salah satu Ayam yang paling terkenal disantap masyarakat merupakan ayam pedaging.

Ayam jenis ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. penjaannya yang murah serta mudah bila dibanding memelihara ayam kampung menjadikan ayam pedaging sebagai bumbu hidangan hewani yang diburu masyarakat. tidak hanya dagingnya yang lebih tebal dan empuk dibanding ayam kampung, ayam pedaging dipatok dengan harga 3 kali lebih murah daripada ayam kampung. Akan namun komsumsi ayam pedaging kelewatan juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

walaupun ayam jenis ini berpotensi mengacaukan kesehatan manusia, tetap saja ayam pedaging dijadikan alternatif pemenuhan gizi setiap hari berbentuk hewani yang paling diminati seluruh golongan masyarakat. Namun apabila disantap dengan batas sewajarnya dan diiringi dengan komsumsi sayur-mayur sebagai penyeimbang, dirasa tidak ada permasalahan bila komsumsi ayam pedaging sebagai alternatif gizi hewani.

Contoh Teks Eksposisi Laporan


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi laporan tentang riset peningkatan Siswa SMK.

peningkatan pemikiran rasonal murid SMK memang cukup menarik atensi. alasannya mereka sudah mulai memikirkan akan bekerja apa selepas lulus sekolah nanti. Dari bermacam macam jenis jurusan yang disediakan SMK, mereka leluasa memilih masuk jurusan sesuai dengan atensi mereka. Jumlah sekolah berbasis kejuruan kian menambah setiap tahunnya dengan jurusan yang lebih beragam pula.

Rata-rata murid kelas 12 SMK yang akan lulus sekolah berumur 18-20 tahun. umur tersebut dirasa sudah wajar bila langsung terjun ke dunia kerja. Apalagi sekarang SMK membuka bermacam kejuruan yang lebih lengkap dari sebelumnya. Beragam jenis profesi dihasilkan dari lulusan SMK disebabkan lulusan SMK sanggup membaca dan memanfaatkan peluang yang ada dimasyarakat.

seperti itu sebab mengapa tiap tahunnya peminat SMK semakin meningkat. Tidak hanya itu, biaya bulanan SMK bila dibandingkan SMA relatif lebih rendah. Ilmu yang didapat dari SMK juga langsung bisa diterapkan di masyarakat tanpa harus melalui fase kuliah seperti lulusan SMA

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi


Berikut ini merupakan contoh teks eksposisi tentang ekonomi, yakni “China Antara Kapitalis ataupun Komunis”.

Kita sudah mengenali bahwa pandangan hidup yang dianut China adalah pandangan hidup komunis yang sudah berlangsung sangat lama terlebih lagi masih eksis sampai sekarang. Ditengah-tengah pengaruh liberalisasi, China masih saja berdiri kokoh terlebih lagi semakin menojolkan diri bersama ideologinya. Yang menjadi atensi yang sanagt menarik untuk dikaji yakni ekonomi China yang saat ini menjadi motor penggerak ekonomi baru Asia.

Sistem pemerintahan China boleh saja Komunis, akan namun tidak dengan sistem ekonominya. China menganut sistem ekonomi Capitalism without democracy. seperti itu mengapa China disebut sebagai One state two sistem. China saat ini terus menggenjot perekonomian dibidang manufaktur dan industri. Laju ekonomi China mencapai rata-rata 10% pertahunnya. Angka yang sangat fantastis bila dibanding negeri yang memang pada awal mulanya menganut sistem liberal-kapitalis seperti Amerika serikat.

Sementara itu kita tahu bahwa ekonomi sosialis negeri komunis sangat dikontrol oleh negeri dan tidak memilki kebebasan dalam mengakses pasar internasional. Kondisis China yang mempraktikkan satu negeri, 2 sistem ini menjadi perdebatan dunia. alasannya China dengan kerasnya tidak mau berhasil meningggalkan politik komunisnya walaupun banyak paksaan dari negeri lain untuk meninggalkan komunisme dan beralih pada sistem yang dipercaya lebih baik yakni demokrasi.

Sumber daya masyarakat China yang melimpah sanggup membawa China pada perekonomian yang sagat diperhitungkan dimata Internasional. kira-kira 50% penciptaan barang mentah ataupun jadi dunia dihasilkan dari China. Tentu saja hal tersebut memunculkan ketegangan negeri orang sebelah terlebih lagi bagi negeri yang merasa tersaingi dengan reformasi ekonomi China.

Yup seperti itu ulasan singkat tentang contoh teks eksposisi singkat yang baik dan benar. Mulai dari contoh teks eksposisi berita, contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan, contoh teks eksposisi perbandingan, contoh teks eksposisi tentang lingkungan, contoh teks eksposisi ilustrasi, contoh teks eksposisi definisi, contoh teks eksposisi tentang ekonomi, contoh teks eksposisi tentang kesehatan yang singkat, panjang, lengkap, beserta strukturnya.

referensi : http://thegorbalsla.com

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Singkat, Lengkap Dengan Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel