5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli – sesudah kita ketahui tentang pengertian lembaga pendidikan, dan lembaga sosial pada informasi sebelumnya, selanjutnya kita akan bahas tentang pengertian dari lembaga keuangan. Lembaga keuangan adalah suatu institusi atau badan usaha yang bergerak dalam bidang keuangan untuk menyalurkan dana atau menyediakan jasa bagi para nasabah dan berfungsi sebagai penghimpun dana para nasabah.

Dalam lembaga keuangan ini akan diberikan kredit kepada nasabah dan menginvestasikan dananya kedalam surat-surat berharga. Serta menawarkan berbagai jenis jasa keuangan antara lain yaitu : menawarkan jenis tabungan, program pension, proteksi asuransi, mekanisme transfer dana, tatacara pembayaran, dls. Lembaga keuangan ini adalah salah satu bagian dari ekonomi modern yang berfungsi melayani masyarakat dengan memakai jasa keuangan.

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

Disini akan kami jelaskan secara lebih detail tentang pengertian dari lembaga keuangan yang dikemukakan oleh para ahli.

Pengertian Lembaga Keuangan

Berikut ini kumpulan beberapa pengertian lembaga keuangan menurut para ahli dan sumber terpercaya, mari kita simak:

1. Keputusan SK Menkeu RI nomor. 792 tahun 1990

Keputusan SK Menkeu RI nomor. 792 tahun 1990: Bahwa lembaga keuangan yakni seluruh badan usaha yang bergerak dibidang keuangan dimana hal yang dilakukan yakni menghimpun dana dan menyalurkannya kepada masyarakat atau nasabah terutama untuk biaya investasi pembangunan.

2. Pasal 1 UU nomor. 14 tahun 1967

Pasal 1 UU nomor. 14 tahun 1967 yang telah terganti dengan UU nomor. 7 tahun 1992: Menyatakan bahwa perbankan di negara Indonesia yakni lembaga keuangan adalah suatu badan yang kegiatannya menarik hasil-hasil dana dari nasabah atau masyarakat yang setelah itu disalurkan kembali pada masyarakat.

3. Ahmad Rodoni

Ahmad Rodoni: Menjelaskan bahwa lembaga keuangan yakni salah satu badan usaha dimana kekayaannya berbentuk aset keuangan (financial assets) ataupun (non-financial assets).

4. Dahlan Siamat

Dahlan Siamat: Menurutnya lembaga keuangan yakni badan usaha yang kekayaannya itu dalam bentuk aset keuangan dibandingkan aset non-finansial atau riil. Dimana lembaga keuangan sudah memberikan kredit atau pembiayaan terhadap nasabah dan menginvestasikan dananya pada surat yang berharga.

5. Kasmir

Kasmir: Lembaga keuangan adalah wadah setiap perusahaan yang bergerak dibidang keuangan dimana aktivitas yang dilakukan bisa hanya menghimpun dana saja atau hanya menyalurkan atau mungkin bisa kedua-duanya.

Di negara kita Indonesia ini, lembaga keuangannya dibagi kedalam 2 kelompok yaitu lembaga keuangan bank dan bukan bank. Contoh lembaga keuangan bank seperti bank sentral, bank umum dan BPR. sebaliknya yang bukan bank contohnya pasar uang dan valas, leasing, koprasi simpan pinjam, penggadaian, dana pensiunan, pasar modal, dls. Namun keduanya sama-sama berfungsi sebagai perantara keuangan antara ultimate lenders (surplus unit) & ultimate borrower (defisit unit)

Demikian sekilas informasi mengenai 5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli, semoga bisa diambil manfaatnya.

0 Response to "5 Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel