28 Pengertian Sintaksis Secara Umum dan Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Sintaksis – Secara etiomologi, Sintaksis berasal dari bahasa Yunani, yakni “sun” yang berarti dengan dan “tattein” yang berarti menempatkan. oleh karena itu, secara etimologis sintaksis diartikan menempatkan bersama-sama kata menjadi kelompok kata ataupun kalimat.
Pengertian Sintaksis Secara Umum, Pengertian Sintaksis Menurut Para Ahli

Pengertian Sintaksis Secara Umum

Pengertian sintaksis adalah cabang tata bahasa mengenai studi penghimpunan kata-kata dalam kalimat-kalimat dan alat dengan mana hubungan seperti itu kelihatan. contohnya tertib kata ataupun infleksi

Sintaksis berkenaan dengan penemuan jenis-jenis kalimat dasar dengan pemberian penggantian yang muncul dari setiap unsur dari jenis unsur itu.

Sintaksis adalah studi dan ketentuan dari hubungan kata satu sama yang lain sebagai penyatuan gagasan dan sebagai bagian dari struktur kalimat, studi dan ilmu bangun kalimat.

Lebih singkatnya, Sintaksis adalah studi penghimpunan dan tautan timbale balik antara kata-kata, frase-frase, klausa-klausa dalam kalimat.

Pengertian Sintaksis Menurut Para Ahli

Abdul Chaer

Menurut Abdul Chaer, Sintaksis adalah tatanan linguistik umum yang membahas kata dalam hubungannya dengan kata lain ataupun unsure lain sebagai suatu ujaran.

Ngusman Abdul Manaf

Menurut Ngusman Abdul Manaf, dalam bahasa Indonesia sintaksisi berarti cabang ilmu bahasa bidang gramatikal (tata bahasa) yang mengkaji tata kalimat.

Ramlan (1987: 21)

Menurut Ramlan, Sintaksis merupakan bagian atau cabang ilmu bahasa yang membahas seluk beluk wacana, klaimat, klausa, dan frasa.

Marjusman Maksan

Menurut Marjusman Maksan, Sintaksis merupakan bagian atau bidang ilmu bahasa yang mempelajari tentang penyusunan kata, frasa, dan klausa, antara satu dengan yang lain ataupun antara sesamanya dalam suatu konstruksi yang memandang pengertian.

Verhaar (1981: 70)

Menurut Verhaar, Sintaksis adalah menyelidiki semua hubungan antar kelompok kata maupun antar frasa dalam suatu sintaksis itu. Sintaksis mempelajari hubungan gramatika di luar batas kata, tetapi di dalam satuan yang disebut kalimat.

Gorys Keraf (1978: 158)

Menurut Gorys Keraf, Sintaksis merupakan bagian tata bahasa yang mempelajari dasar-dasar dan proses-proses pembantukan kalimat dalam suatu bahasa.

Moeliono (1976: 103)

Menurut Moeliono, Sintaksis merupakan suatu kaidah kombinasi kata menjadi satuan yang lebih besar yakni frase dan kalimat.

Kridalaksana (1982: 154)

Menurut Kridalaksana, Sintaksis adalah:
  • Pengaturan dan hubungan antara kata dengan kata, ataupun dengan satuan-satuan yang lebih besar, ataupun antara satuan-satuan yang lebih besar itu dalam bahasa
  • Subsistem bahasa yang mencangkup hal tersebut (kerap dikira bagian dari gramatika; bagian lain adalah morfologi)
  • Cabang linguistik yang mempelajari hal tersebut.

Crystal (1980: 346)

Menurut Crystal, Sintaksis sebagai telaah tentang kaidah-kaidah yang mengatur cara kata-kata dikombinasikan untuk membentuk kalimat dalam suatu bahasa. Dalam pemanfaatan ini, sintaksis dikontraskan dengan morfologi, yakni telaah tentang struktur kata. Suatu batas alternatif, sintaksis adalah telaah tentang hubungan antara unsur-unsur struktur kalimat, dan telaah tentang kaidah-kaidah yang menguasai pengaturan kalimat dalam gugus-gugus (kata).

Rusmadji (1993: 2)

Menurut Rusmadji, Sintaksis adalah subsistem tata bahasa yang mencangkup kelas kata dan satuan-satuan yang lebih besar, yakni frasa, klausa, kalimat, dan hubungan-hubungan di antara satuan-satuan sintaksis tersebut.

Paul Roberts (1964: 1)

Menurut Paul Roberts, Sintaksis adalah bidang tata bahasa yang menelaah hubungan perkata dalam kalimat, cara-cara menyusun perkata itu untuk membentuk kalimat.

Francis (1958: 31)

Menurut Francis, Sintaksis merupakan sub bagian tata bahasa yang menelaah tentang struktur kelompok-kelompok kata.

O’Grady dan Dobrovolsky (1989: 126)

Menurut O’Grady dan Dobrovolsky, Sintaksis merupakan system kaidah dan jenis yang memungkinkan kata-kata dikombinasikan untuk membentuk kalimat.

Fromkin dan Rodman (1983: 200)

Menurut Fromkin dan Rodman, Sintaksis adalah bagian dari pengetahuan linguistik kita yang menelaah struktur kalimat.

Gleason (1955: 128)

Menurut Gleason, Sintaksis adalah prinsip-prinsip penyusunan kontruksi yang dibentuk oleh proses derivasi dan infleksi (perkata) ke dalam konstruksi yang lebih besar yang beragam jenisnya.

Mario dan Frank Gayner

Menurut Mario dan Frank Gayner, Sintaksis adalah berkenaan dengan penemuan sejenis kalimat dasar dengan pemberian penggantian yang mungkin dari setiap unsur dan tipe dasar.

R. R. K. Hatman dan F. C. Stork

Menurut R. R. K. Hatman dan F. C. Stork, Sintaksis merupakan cabang tata bahasa yang mengenal studi lingkungan kata-kata dalam kalimat-kalimat dan alat dengan mana hubungan seperti itu terlihat. contohnya, tertib kalimat ataupun infleksi.

Archibald A. Hill

Menurut Archibald A. Hill, Sintaksis merupakan studi dan aturan-aturan dari hubungan kata-kata satu dengan yang yang lain sebagai pernyataan, gagasan dan sebagai bagian-bagian dari sruktur-stuktur kalimat studi dan ilmu kalimat.

O’Grady, et. al. (1997)

Menurut O’Grady, et. al., Sintaksis adalah the system of the rules and categories that underlines sentence formation in human language (ketentuan dalam sistem pola kalimat dasar dalam bahasa manusia).

Hari Murt Kridalaksana (1993)

Menurut Hari Murt Kridalaksana, Sintaksis adalah subsistem bahasa yang mencakup tentang kata yang kerap dikira bagian dari gramatika yakni morfologi dan cabang linguistic yang mempelajari tentang kata.

Ramlah (2001: 18)

Menurut Ramlah, Istilah sintaksis (Belanda, Syntaxis) adalah bagian ataupun cabang dari ilmu bahasa yang membahas seluk beluk wacana, kalimat, klausa dan frase.

Gleason (1955)

Menurut Gleason, Sintaksis adalah “Syntax maybe roughly defined as the principles of arrangement of the construction (word) into large constructions of various kinds. ”
(sintaksis mungkin berhubungan dari definisi prinsip aransement konstruksi (kata) kedalam konstruksi besar dari beragam alterasi)

Ramlah (1976: 57)

Menurut Ramlah, Sintaksis adalah bagian dari tata bahasa yang membahas struktur frase dan kalimat.

Hari Murt Kridalaksana (1993)

Menurut Hari Murt Kridalaksana, Sintaksis adalah pengaturan dan hubungan antara kata dengan kata, ataupun dengan satuan-satuan yang lebih besar itu dalam bahasa. Satuan terkecil dalam bidang ini adalah kata.

Demikian informasi tentang ”28 Pengertian Sintaksis Secara Umum dan Menurut Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share jika ini membantu anda.

0 Response to "28 Pengertian Sintaksis Secara Umum dan Menurut Para Ahli Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel