Contoh Paragraf Deskripsi - Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan & Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi Yang benar | Contoh paragraf deskripsi umumnya bisa kamu temui dalam artikel review suatu benda. Dalam artikel review suatu benda, hal yang mesti ditunjukan adalah penjelasan mengenai ciri-ciri bentuk benda tersebut. Nah, satu paragraf yang berisi tentang penjelasan karakteristik dan ciri-ciri obyek merupakan paragraf deskripsi.

Paragraf deskripsi sendiri merupakan salah satu jenis paragraf yang dibedakan berdasarkan isinya. Selain paragraf deskripsi, ada beberapa jenis paragraf lain seperti paragraf eksposisi, paragraf narasi, paragraf argumentasi, serta paragraf persuasi.

Contoh Paragraf Deskripsi

Jika kamu pernah menemukan sebuah teks dengan informasi dan penjelasan mendalam tentang karakteristik obyek atau topik tertentu, kemungkinan besar itu merupakan teks deskripsi yang akan memiliki banyak contoh paragraf deskripsi. Pasalnya, jenis paragraf ini memang sangat menonjol.
Untuk mengenal lebih jauh tentang paragraf deskripsi, simak ulasan berikut.

Definisi dan Tujuan Paragraf Deskripsi

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa itu paragraf deskripsi dan contoh paragraf deskripsi, sebaiknya kita juga memahami pengertian dari paragraf itu sendiri. Kurang lebihnya, paragraf berarti sekelompok kalimat yang membentuk alinea, tersusun dan saling berhubungan untuk menjelaskan satu unit buah pikiran. Sekumpulan paragraf dalam sebuah teks akan saling terhubung yang kemudian akan menjelaskan buah pikiran yang lebih besar dalam teks.

Mendalami pengertian ini, kita bisa pahami bahwa sebuah paragraf memiliki satu buah pikir. Dari satu buah pikir di tiap-tiap paragraf inilah, buah pikir yang lebih besar dari sebuah teks terbentuk. Maka dari itu dalam sebuah teks akan terdapat beberapa jenis paragraf dengan tujuan masing-masing yang kemudian dirangkai sedemikian rupa untuk bisa menjelaskan buah pikir besar dari sebuah teks.

Salah satu jenis paragraf itu adalah paragraf deskripsi. Pengertian dari paragraf deskripsi sendiri berarti sebuah paragraf yang menggambarkan sesuatu obyek atau topik tertentu. Pada paragraf deskripsi, kalimat yang digunakan akan lebih menonjolkan penjelasan soal penggambaran ciri-ciri atau penjelasan kondisi secara mendetail.

Tujuan dari paragraf deskripsi sendiri adalah untuk memberikan sebuah perincian terhadap sesuatu sehingga pembaca bisa dibuat seolah sedang membayangkan hal tersebut yang ingin dijelaskan. Contoh paragraf deskripsi yang umum diberikan akan memberikan penggambaran terhadap sebuah obyek yang nyata.

Ciri Ciri Paragraf Deskripsi

Untuk memahami contoh paragraf deskripsi, ada beberapa ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan dan bisa kamu pegang sebagai penanda. Berikut beberapa ciri-ciri yang biasanya muncul pada paragraf deskripsi :
  1. Paragraf deskripsi dibuat untuk menggambarkan sesuatu hal.
  2. Paragraf deskripsi melakukan penggambaran dengan sangat jelas dan melibatkan kesan yang didapatkan dari panca indra manusia.
  3. Penjelasan ciri-ciri fisik umumnya akan disampaikan.
  4. Ketika pembaca membaca paragraf deskripsi, pembaca akan merasakan seolah-olah sedang membayangkan obyek tersebut dengan kondisi sesuai penggambaran yang dituliskan.
  5. Selain ciri-ciri yang dijelaskan diatas, ada beberapa kaidah bahasa yang digunakan pada paragraf deskriptif ini. Berikut beberapa kaidah bahasa yang digunakan :
  6. Menggunakan kata benda. Kata benda yang digunakan menyesuaikan dengan topik yang sedang dibahas. Misalnya: kantor, teman kerjaku, guru, sekolah, dll.
  7. Terdapat kata sifat yang bertujuan untuk menggambarkan suatu obyek. Misalnya: Seorang pegawai malas, sepasang sepatu hitam, dll.
  8. Terdapat kata kerja Transitif sebagai penambah keterangan pada subyek. Misalnya: Bapak tua itu mengenakan topi hitam, dll.
  9. Terdapat kata kerja yang bersifat menjelaskan pendapat penulis tentang obyek yang ingin digambarkan. Misalnya: Saya rasa orang itu baik hati.
  10. Terdapat kata keterangan untuk menerangkan kondisi obyek. Misalnya: berlari dengan lambat, sedang ada di kantor, dll.
  11. Terdapat metafora untuk menganalogikan obyek dengan sesuatu. Misalnya: Wajahnya secantik matahari pagi, dll.
Beberapa ciri-ciri ini cukup mudah ditemukan dalam contoh paragraf deskripsi. Jika kamu sudah memahami ciri-ciri ini, kamu akan lebih mudah mengidentifikasi jenis paragraf deskripsi.

Macam macam Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi ternyata memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis dari paragraf deskripsi :
  1. Deskripsi subyektif. Pada jenis ini, opini penulis akan sangat terasa dalam pemberian deskripsi obyek. Selain menyampaikan fakta dari karakteristik obyek, opini penulis disertakan sebagai penambah keterangan yang berisi kesan.
  2. Deskripsi obyektif. Pada jenis ini, opini penulis dikesampingkan. Semua kalimat berisi penjelasan atau penggambaran obyek yang mengacu pada kondisi yang tampak.
  3. Deskripsi spasial. Pada jenis ini yang penjelasan atau penggambaran yang disampaikan meliputi ruangan, benda dan suatu tempat.

Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Setelah mengetahui tujuan, ciri-ciri dan jenis dari paragraf deskripsi, sudah saatnya untuk mempelajari bagaimana cara membuat paragraf deskripsi. Contoh paragraf deskripsi bisa dibuat dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
  1. Menentukan tema besar yang ingin dibahas.
  2. Dalam tema besar tersebut, tentu akan terdapat beberapa obyek. Identifikasi obyek-obyek yang akan dimasukan untuk dijelaskan.
  3. Setelah obyek-obyek tadi diidentifikasi, lakukan pengamatan secara mendetail terhadap obyek tersebut.
  4. Hasil pengamatan terhadap obyek bisa kamu catat dan nantinya kamu tuliskan sebagai penggambaran obyek.
  5. Dari keseluruhan data-data yang kamu dapatkan, susunlah kerangka karangan dan buatlah tulisan sesuai dengan tema yang akan diusung disertai penyampaian penggambaran obyek.
Dengan mengikuti langkah-langkah tadi, kamu diharapkan untuk bisa membuat sendiri contoh paragraf deskripsi.

Contoh Paragraf Deskripsi yang Benar

Untuk membantu memberikan sedikit gambaran, berikut beberapa contoh paragraf deskripsi sesuai jenisnya :
  1. Pemanasan global membuat lapisan ozon menipis. Hutan-hutan mulai habis. Akibatnya suhu bumi terus naik, cuaca semakin tidak tertebak dan bencana alam makin sering mengancam. Bumi sudah semakin kritis. Kitalah yang bertanggung jawab terhadap hal ini (Deskripsi subjektif)
  2. Dia memakai kaos band berwarna hitam. Berpadu serasi dengan celana jeans yang dia kenakan. Penampilan yang casual, menunjukan seolah dia adalah pribadi yang bebas. Sikapnya yang ramah juga sangat menyenangkan. (Deskripsi subjektif)
  3. Buah kersen memiliki nama ilmiah Muntingia calabura. Bentuknya bulat kecil, berwarna hijau saat masih mentah dan berangsur jadi merah saat sudah mulai matang. Rasa dari buah ini cukup manis. (Deskripsi Obyektif)
  4. Dendeng Balado merupakan jenis makanan daerah khas Sumatera Barat. Dendeng Balado berbahan dasar daging sapi yang dipotong agak tipis dan sedikit melebar. Daging sapi yang sudah tipis tadi kemudian dijemur supaya kering. Daging kering tadi kemudian digoreng dan beri bumbu balado. Bumbu balado ini akan membuat daging tipis tadi berwarna kemerahan. Dendeng Balado ini rasanya pedas dan teksturnya renyah. (Deskripsi Obyektif.
  5. Sungai ciliwung adalah sungai yang mengalir melintasi Jakarta. Sungai Ciliwung dipenuhi tumpukan sampah. Tumpukan sampah yang ada di sungai ciliwung membuat sungai ini tercemar. (Deskripsi spasial).
  6. Kamarku berukuran 2,5 m² x 3,5 m². Warna abu-abu menjadi latar. Beberapa rak buku berwarna putih berisi beberapa jajaran buku menjadi hiasan di dinding kamar. Di sisi sebelah pintu, juga ada rak berisi kumpulan CD koleksi. (Deskripsi Spasial)
Itu dia penjelasan mengenai paragraf deskripsi berikut contoh paragraf deskripsi untuk masing-masing jenisnya. Mempelajari bahasa memang terkesan sepele, tapi hal ini sangat bermanfaat. Kamu bisa lebih baik lagi dalam berkomunikasi dan jika kamu bercita-cita sebagai penulis, pemahaman dasar ini akan sangat membantumu.

0 Response to "Contoh Paragraf Deskripsi - Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan & Cara Membuat Paragraf Deskripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel