Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya - Sebelumnya, kita telah mengenali contoh teks eksposisi eksposisi analisis beserta strukturnya. Kali ini, kita akan mengenali contoh teks eksposisi analisis dengan tema khusus, yakni kesehatan. Tema ini sebelumnya sudah pernah dijadikan tema beberapa informasi, seperti contoh karangan eksposisi tentang kesehatan, contoh paragraf klasifikasi tentang kesehatan, contoh paragraf analogi tentang kesehatan, contoh paragraf induktif tentang kesehatan, dan contoh paragraf kombinasi tentang kesehatan.

Dalam penyajiannya, contoh teks eksposisi analisis di informasi ini juga dilengkapi dengan bagian ataupun struktur. ada juga struktur salah satu jenis teks tidak hanya contoh teks berita singkat, contoh teks eksplanasi, dan teks prosedur dalam bahasa Indonesia ini sama dengan struktur contoh karangan eksposisi, yakni:

Tesis: struktur pertama teks eksposisi analisis yang berisi pemikiran penulis pada tema yang dibahas ataupun teori dasar yang akan dibesarkan di struktur selanjutnya, yakni:

Argumentasi: struktur teks eksposisi yang menumbuhkan ataupun mengatkan struktur sebelumnya. Struktur ini berisi statment para ahli, hasil riset, ataupun statment umum yang bersumber dari sumber yang terpercaya.
Penegasan Ulang: adalah bagian akhir teks eksposisi analisis yang berisi kesimpulan dari 2 struktur sebelumnya.

Untuk mengenali seperti apa contoh teks eksposisi analisis tentang kesehatan beserta strukturnya, berikut disajikan contohnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Siri Merah adalah salah satu jenis tanaman yang kerap dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini juga bisa dibudidayakan oleh masyarakat, guna sebagai persediaan tanaman obat-obatan (Tesis). Beberapa riset mengatakan bahwa tanaman kerap dijadikan obat diabet, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatas ketombe. tidak hanya itu ada pula yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada zona kewanitaan.

Masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, setelah itu diolah melalui perebusan. keahlian Sirih Merah ini sebagai tanaman obat, disebabkan senyawa aktif yang ada di dalamnya. Seperti Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi). Dengan demikian bisa dimengerti bahwa Sirih Merah sanggup dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional (Penegasan Kembali).

Sehat dengan Mengambil Manfaat Buah Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki nutrisi dan beragam manfaat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Buah bercorak hijau dengan bentuk bundar agak lonjong ini memiliki kerasa manis yang tidak sangat kokoh dan condong hambar pada saat matang. saat komsumsi buah ini juga acapkali ditambahkan dengan susu, gula, ataupun krim untuk menguatkan kerasa manisnya. walaupun ada yang berpendapat bahwa buah ini tak baik untuk seseorang yang mengidap penyakit kolesterol tinggi, namun alpukat tetap memiliki kandungan nutrusi yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Beberapa kandungan dan kebaikan yang terdapat pada buah yang berasal dari Amerika ini antara lain yakni senyawa asam oleat tak jenuh, kalium, folat, pitosterol, dan vit E. Kandungan nutrisi tersebut memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga memiliki manfaat dibidang kecantikan. Lemak tak jenuh tunggal, vit E, vit C, antioksidan, asam lemak omega 9 dan kolagennya sanggup menjaga kesehatan kulit dan muka. Alpukat juga sangat baik untuk melangsungkan program penyusutan berat badan. Lemak yang tercantum dalam buah ini bisa menjadi cadangan tenaga yang sanggup bertahan dalam waktu yang cukup lama. Kandungan lemak tersebut sanggup menekan nafsu makan berlebih dan membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Alpukat juga dipercaya sebagai buah yang sanggup menghindari penyakit diabet. Kalium dan asam lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat bisa meningkatkan jumlah hormon insulin yang bermanfaat untuk penyeimbang kandungan glukosa dalam darah. Kandungan vit E dalam alpukat memiliki manfaat merendahkan oksidasi kolesterol sehingga sanggup kurangi risiko terkena penyakit stroke.

Beberapa manfaat serta manfaat buah alpukat tersebut bisa menjadi referensi dan tips kesehatan yang mudah untuk dilakukan. tidak hanya nikmat untuk disantap, buah ini juga mengandung bermacam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan kulit. Dengan bermacam manfaat yang terdapat dalam alpukat, maka janganlah ragu untuk komsumsi buah bercorak hijau ini. Mari jaga kesehatan tubuh dengan style hidup sehat, salah satunya dengan komsumsi buah alpukat!

Cara Sehat menghindari Penyakit Jantung dan Stroke

Stroke dan penyakit jantung merupakan 2 jenis penyakit yang terkategori ke dalam penyakit berbahaya dan beresiko terhadap kematian. Stroke dan penyakit jantung tak hanya menjangkiti orang berusia saja. Kedua penyakit tersebut bisa melanda siapa saja tak terkecuali kanak-kanak. teruji dengan ditemuinya seorang anak kecil yang mengidap penyakit stroke. sebaliknya penyakit jantung juga pernah ditemui pada bayi yang baru saja lahir.

paling tidak terdapat beberapa aspek yang bisa menimbulkan manusia mengidap stroke dan penyakit jantung. Beberapa antara lain yakni karena karena kerutinan merokok, komsumsi hidangan yang tidak sehat, dan minum minuman keras. Dari ketiga aspek tersebut, erat kaitannya dengan style hidup yang tidak sehat. style hidup yang tidak sehat ini bisa memicu stroke dan penyakit jantung. Mengingat penyakit ini bisa muncul secara seketika, kapanpun, dan dimanapun, tentu dibutuhkan adanya upaya penangkalan agar tubuh kita tetap sehat dan bebas dari stroke dan penyakit jantung.

Beberapa hal yang perlu untuk dilakukan agar bebas dari stroke dan penyakit jantung merupakan dengan memberbaiki sikap dan style hidup. bila anda terbiasa komsumsi hidangan tidak sehat, merokok, dan minum-minuman keras, maka segeralah untuk berhenti. kerutinan serta sikap hidup tidak sehat tersebut berpotensi memacu kerja jantung diluar batas kewajarannya sehingga jantung akan sangat retan terhadap penyakit. tidak hanya itu hidangan yang mengandung kolesterol tinggi akan menumpuk di pembuluh darah. penimbunan tersebut akan menutup pembuluh darah coroner. Pembuluh darah ini memiliki fungsi sebagai pensuplai hidangan bagi jantung.

sebaliknya penyakit stroke erat kaitannya dengan tekanan darah yang ada pada manusia. Menjaga tekanan darah pada tingkatan normal menjadi penting untuk dilakukan untuk menjauhi penyakit ini. terlebih bagi para pengidap penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Hipertensi bisa berujung pada pecahnya pembuluh darah yang berada di kepala manusia. Pecahnya pembuluh darah di kepala akan menyebabkan terganggunya sistem syaraf yang berpotensi terhadap penyakit stroke. Karenanya perlu untuk menjaga tekanan darah dengan menjauhi stress berat, istirahat yang cukup, dan kurangi hidangan berlemak.

Untuk menjaga diri dari penyakit jantung dan stroke, dibutuhkan juga adanya kontroling terhadap kandungan kolesterol dalam tubuh. Menumpuknya lemak dalam jumlah berlebih bisa menjadi karena utama gempuran penyakit jantung. tidak hanya itu Olah raga tertib dan istirahat yang cukuo juga dirasa sangat penting untuk dilakukan demi menjaga tubuh agar senantiasa sehat dan fit. Dengan tubuh yang sehat dan fit, tentu secara tidak langsung akan memperkecil risiko penyakit jantung dan stroke.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan Mata

Manfaat dari Wortel

Tesis ataupun statment

Pendapat:
Wortel merupakan salah satu sayur-mayur yang paling terkenal di Indonesia terlebih lagi dunia. Wortel kerap disertakan dalam bermacam masakan seperti slad ataupun sup ayam.
Di dalam wortel terkadung sekitar 88 air, 1 protein, 1 serat, 7 gula, 1 abu, dan 0, 2 lemak. Wortel juga banyak
mengandung mineral, antioksidan dan beberapa nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

Argumentasi:
Ternyata sayur-mayur wortel ini juga sangat nikmat apabila dibuat jus. Manfaat dari jus wortel bagi kesehatan tubuh antara lain bisa menjaga kesehatan mata, menghindari penyakit kanker, menghindari rabun senja, dan menyirnakan toksin dalam tubuh.

Penegasan Ulang:
Manfaat yang paling utama jus wortel yakni memberikan konsumsi vit A pada tubuh sehingga kesehatan mata lebih terpelihara. tidak hanya itu manfaat lain wortel juga bisa dipakai sebagai obat tradisional.

contoh teks eksposisi singkat tentang kesehatan

Demikian informasi tentang Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya semoga dapat bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan Beserta Strukturnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel