Pembagian Zaman Praaksara / Prasejarah Secara Lengkap

Zaman Prakarsa | bila Anda sedang mencari bacaan mengenai Pembagian zaman praaksara. informasi ini akan mencoba menjelaskannya untuk Anda. Sebelum merambah ulasan mengenai pembagian zaman praaksara, Anda dibutuhkan untuk mengerti terlebih dahulu tentang definisi atau pengertian dari zaman praaksara itu sendiri. Pengertian Praaksara atau Prasejarah Masa Praaksara atau prasejarah adalah kurun waktu (zaman) pada saat manusia belum mengenal tulisan atau huruf. Praaksara disebut juga zaman nirleka, yakni zaman tidak ada tulisan.

Zaman Praaksara

Pengertian Zaman Praaksara

Zaman atau masa praksara adalah suatu zaman dimana kehidupan manusia sebelum mengenal adanya tulisan. Karena aksara di sini berarti tulisan dan pra yang maksudnya sebelum. Inilah yang membedakan antara zaman praaksara dan zaman sejarah. Zaman sejarah yaitu zaman dimana kehidupan manusia sesudah mengenal tulisan.

Sesudah manusia mengenal tulisan maka disebut zaman sejarah. Berakhirnya zaman prasejarah setiap bangsa berbedabeda berdasarkan pertumbuhan setiap bangsa tersebut serta info yang masuk ke bangsa itu.

Contohnya bangsa Mesir Kuno meninggalkan zaman praaksara sekitar 4000 SM, bangsa Sumeria dan Dravida meninggalkan zaman praaksara sekitar 3000 SM, sebaliknya bangsa Indonesia meninggalkan zaman praaksara 400 meter.

Berdiskusi mengenai waktu berakhirnya zaman praaksara ini untuk setiap bangsa memiliki waktu yang berbeda – beda, tergantung kepada peradaban yang ada di bangsa tersebut. tingkatan keahlian dan pertumbuhan dari tiap makhluk hidup yang ada di zaman itu bisa berkembang sesuai dengan pembagian waktu yang ada. uraian selanjutnya akan menjelaskan tentang pembagian zaman praaksara yang bisa menambah ilmu pengetahuan Anda.

Pembagian Zaman Praaksara / Prasejarah Secara Lengkap

Pembagian zaman pada praaksara dipisah menjadi 4 zaman, diantara keempat zaman tersebut yaitu zaman arkaeozoikum, zaman palaeozoikum, zaman mesozoikum, dan zaman neozoikum. Berikut ini adalah uraian yang bisa Anda simak mengenai masing – masing dari pembagian zaman praaksara dan ciri cirinya.

Zaman Arkaeozoikum

Zaman Paleozoikum disebut juga dengan zaman tua. disebabkan pada zaman ini adalah zaman yang paling tua yang sudah berlangsung kurang lebih sudah 2. 500 juta tahun. Di zaman ini belum ada yang namanya kehidupan karena hawa panas yang menyelimuti kulit bumi menjadikannya pada zaman ini tidak mengizinkan untuk terjadinya sebuah kehidupan. Kehidupan mulai muncul pada akhir – akhir zaman arkaeozoikum.

Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum disebut dengan zaman primer. Pada zaman ini mulai terdapat kehidupan yang ditandai dengan adanya bermacam jenis fauna yang paling kecil dan tidak memiliki tulang belakang. sesudah itu timbul jenis ikan yang bermula dari jenis amfibi dan jenis reptil.

Zaman Mesozoikum

Zaman mesozoikum disebut juga dengan zaman sekunder. Untuk kehidupan di zaman ini sudah berkembang dengan pesat dari segi jenis ikan, beberapa amfibi dan jumlah reptilnya. Dari ketiga jenis tersebut, reptil yang memiliki tingkatan pertumbuhan yang besar, yakni ada jenis reptil raksasa yang berdimensi sangat besar. Untuk bukti – bukti mengenai kedatangan hewan – hewan tersebut sudah terdapat fosil yang meyakinkannya. tidak hanya hewan raksasa tersebut, pada zaman ini juga timbul beberapa jenis burung dan fauna yang menyusui.

Zaman Neozoikum

Zaman yang terakhir yakni zaman neozoikum. Zaman ini dibagi menjadi 2 ragam yakni zaman tersier dan kuarter. Untuk zaman tersier sudah mulai menunjukkan pertumbuhan pesar dari fauna yang menyusui, namun jenis – jenis reptil menjadi berkurang, beberapa jenis kera juga mulai berkembang. Lalu untuk zaman kuarter mulai ada tanda – tanda kehidupan manusia. Di zaman ini dibagi menjadi 2 zaman yakni zaman peistosen atau biasa disebut juga dengan zaman es dan zaman holosen. Zaman holosen adalah bentuk yang lebih sempurna dari zaman pleistosen. Dengan tumbuhnya berbagai jenis flora dan fauna, dan mulainya peradaban manusia.

Uraian di atas membahas tentang Pembagian zaman praaksara. Dengan bacaan tersebut diharapkan Anda bisa menambah wawasan serta pengetahuan mengenai hal tersebut biar mengerti awal mula dari peradaban manusia yang terus berkembang hingga pada saat ini. Sesudah zaman praaksara tentu terdapat zaman aksara yang memberikan banyak kemajuan.

0 Response to "Pembagian Zaman Praaksara / Prasejarah Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel