Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli

Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli - Istilah fermentasi pada awal mulanya dikenalkan oleh Louis Pasteur seorang zymologist yang tinggal di negara perancis. istilah ini dikenalkan sekitar tahun 1857 yang pada waktu itu, ia mengkaitkan ragi dengan fermentasi.

Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli

Secara sederhana fermentasi bisa diartikan respirasi (pernapasan) tanpa udara. Sebagai uraian lebih lanjut berikut, kami akan menjelaskan pengertian fermentasi.

Pengertian Fermentasi

Fermentasi merupakan respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan elektron eksternal tanpa akseptor. Fermentasi selalu dipakai di Indonesia untuk pembuatan tempe dan tape, obat-obatan, minuman yoghurt, dan tahu.
Sebagai uraian lebih lanjut, berikut kami akan memberikan penjelasan fermentasi menurut para pakar

Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli

Ada sekitar 7 tokoh mendefinisikan fermentasi, diantarnya;

1. Hery (2008)

Menurutnya, fermentasi merupakan suatu bentuk proses dasar untuk mengganti bahan menjadi bahan lain dengan cara relatif sederhana yang dibantu oleh mikroba.

2. Belitz (2009)

Definisi fermentasi dipisah menjadi dua bentuk, yakni fermentasi homofermentatif dan fermentasi heterofermentatif. Fermentasi homofermentatif merupakan proses fermentasi bahan produk asam laktat. sedangkan fermentasi heterofermentatif merupakan fermentasi yang dilakukan dari produk menjadi asam laktat dan etanol.

3. MGMP (2005)

Arti fermentasi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seseorang untuk mengganti substrat kedalam produk tertentu yang memanfaatkan pertolongan mikroba.

4. Taufik (2014)

makna fermentasi merupakan suatu bentuk proses pembuatan energi dalam sel dengan keadaan tanpa oksigen (anaerobik) melalui riset atau praktikum.

5. Jay (2005)

Pengertian fermentasi merupakan proses perubahan kimia dari senyawa kompleks menjadi sederhana melalui pertolongan enzim yang dihasilkan mikrobia.

6. Farnworth (2008)

Pengertian fermentasi merupakan upaya yang dilakukan seseorang terhadap bahan makanan mendapatkan produk baru agar memperpanjang daya simpan dan khasiat.

7. Bourgaize (1999)

Menurutnya, fermentasi merupakan upaya yang dilakukan untuk suatu proses penguraian senyawa agar menjadi produk olalah baru.

Dari pengertian fermentasi menurut para pakar di atas bisa disimpulkan, fermentasi merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang secara kimiawi untuk mengganti suatu bahan menjadi bahan lain memanfaatkan mikrobia.

Demikianlah Pengertian fermentasi menurut para ahli. Semoga pengertian ini fermentasi ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang sedang mencari referensi mengenai “fermentasi” terima kasih, jangan lupa baca juga informasi yang lain juga.

0 Response to "Pengertian Fermentasi Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel