Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri, Jenis & Contoh Pasar

Pengertian pasar monopoli secara etimologis merupakan satu penjual. Kata Monopoli berasal dari bahasa Yunani, dimana kata mono berarti satu dan kata polist berarti penjual. Prinsip dasarnya merupakan saat ada hanya satu penjual dari suatu produk, dan tidak ada penjual lain.

Karena kondisi inilah, penjual yang melakukan monopoli pasar ataupun monopolis, memiliki keleluasaan dalam penentuan harga produk. Monopolis dapat menaikan ataupun menurunkan harga sesuai kehendaknya dengan cara menentukan jumlah produksi suatu produk. Saat produksi lebih sedikit, maka harga akan naik dan berlaku sebaliknya.

pengertian pasar monopoli

Pengertian Pasar Monopoli

Pengertian pasar monopoli merupakan suatu kegiatan pasar dimana hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran terhadap konsumen. Pada pasar monopoli, hanya berdiri satu produsen tunggal sehingga tidak ada pihak lain yang menjadi saingan. Produsen ataupun perusahaan yang memonopoli pasar ini disebut Monopolis.

Monopolis memproduksi suatu produk yang dibutuhkan pasar. Karena tidak ada perusahaan lain yang memproduksi produk yang sama, mau tidak mau, konsumen akan membeli para perusahaan yang memonopoli tersebut.

Baca juga : Pengertian Pasar Oligopoli beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ciri Ciri Pasar Monopoli

Ada beberapa ciri-ciri dari pasar monopoli. Beberapa ciri cukup terlihat kondisinya sehingga bisa kita kenali. Berikut beberapa cirinya:

  1. Dalam pengertian pasar monopoli, cukup jelas dikatakan bahwa hanya ada satu produsen yang menguasai pasar. Perusahaan tersebut menjadi satu-satunya yang menghasilkan barang ataupun jasa tertentu. Konsumen hanya bisa membeli produk ke produsen ini, karena di tempat lain tidak memproduksi hal yang sama.
  2. jenis produk yang dihasilkan, tidak memiliki alternatif pengganti.
  3. Adanya suatu hambatan bagi perusahaan baru yang ingin memasuki pasar. Hambatan inilah yang mendorong pasar monopoli tercipta. Hambatan ini bisa berbentuk legalitas undang-undang, penggunaan teknologi yang tidak mudah ditiru, hak paten, ataupun modal yang sangat besar.
  4. Perusahaan yang memonopoli bisa menentukan harga berdasarkan kemauannya.
  5. Perusahaan yang memonopoli, tidak membutuhkan promosi. Konsumen hanya punya satu tempat untuk membeli produk, jadi mau tidak mau hanya akan membeli di perusahaan yang memonopoli.

Jenis Pasar Monopoli

Berdasarkan bentuknya, pasar monopoli dibedakan kedalam 2 jenis, yakni:

Pasar Monopoli Murni (Pure Monopoly). Pada pengertian pasar monopoli disebutkan bahwa penyedia barang ataupun jasa, hanya ada satu. Pada monopoli murni, pelaku monopoli menanggulangi cakupan pasar yang cukup luas, contohnya dalam satu wilayah negara. Contoh dari jenis ini merupakan PLN, PT. Kereta Api dan PAM.

Pasar Near Monopoly. Contoh dari jenis ini merupakan hanya ada penjual nasi goreng di suatu wilayah. walaupun kegiatan dagangnya memonopoli wilayah tersebut, namun di wilayah lain terdapat sesama penjual nasi goreng.
Berdasarkan karakteristiknya, pasar monopoli dibedakan kedalam 2 jenis juga yakni:


Pasar Monopoli legal

jenis ini terbentuk karena campur tangan pemerintah dan juga kondisi yang terjadi secara alami. Pasar Monopoli legal dibagi lagi dalam jenis lagi yakni:

Monopoli Alamiah. jenis ini terjadi dikarenakan beberapa faktor untuk berkompetisi tidak ada, tidak bisa beroperasi ataupun tidak mungkin secara keuangan. contohnya merupakan sumber bahan baku yang sangat terbatas, ataupun perusahaan yang ingin bersain tidak memiliki reputasi setara dengan perusahaan yang telah memonopoli, setelah itu secara perlahan berhenti beroprasi.

Monopoli Wilayah. jenis ini terjadi karena produsen berada di wilayah yang sangat terpencil dengan jumlah konsumen yang sangat sedikit, sehingga satu perusaan ini sudah cukup penuhi kebutuhan pasar.

Monopoli negara. Pada pengertian pasar monopoli diterangkan bahwa satu-satunya penyedia barang dan jasa memiliki kendali produksi dan penentuan harga. Keadaan ini dimiliki negara dan dijalankan untuk penuhi kebutuhan penduduk.

Monopoli Teknologi. jenis pasar ini tercipta karena satu perusahaan ini memiliki hak paten dari suatu alat produksi, dan telah disahkan undang-undang. Kondisi ini membuat perusahaan tersebut menjadi superior dalam pengguaan teknologi produksi tadi.


Pasar Monopoli Ilegal

Berkebalikan dengan pasar monopoli legal, jenis ini tidak disetujui oleh pemerintah ataupun tidak sah secara undang-undang. Beberapa jenisnya antara lain yaitu:

Monopoli Perseorangan ataupun Swasta. Pasar didominasi oleh satu pihak perseorangan terhadap suatu komoditas untuk keuntungan pribadi.

Monopoli absolut. Hanya ada satu penjual yang mengatur keseluruhan dari permintaan pasar dan secara melanggar hukum menutup akses pada persaingan.

Monopoli Tunggal. Pada pengertian pasar monopoli, diterangkan bahwa hanya ada satu produsen tunggal. Kesewenang-wenangan produsen tersebut dalam penentuan harga bisa sangat merugikan konsumen. Karena hanya ada satu produsen, sehingga produsen tersebut menentukan harga komoditas semaunya sendiri, tanpa memperhitungkan kemampuan pasar.

Monopoli Diskriminatif. Kendali terhadap penentuan harga, dimana barang yang sama harganya berbeda saat dijual untuk golongan tertentu. contohnya, akan lebih murah untuk yang satu ras dengan pemilik perusahaan.

Diatas telah diterangkan mengenai pengertian pasar monopoli, ciri-ciri, jenis, dan sedikit contohnya. Pasar monopoli memang berada di posisi abu-abu, pasar monopoli bisa jadi menguntungkan ataupun bisa juga merugikan. Dengan sedikit uraian diatas, diharapkan bisa sedikit memberikan gambaran kepada kita untuk bisa mengidentifikasi pasar monopoli.

Contoh Pasar Monopoli

Pasar monopoloi juga dibedakan menjadi 2 (seperti pasar oligopoli) yakni:

  1. Pasar Monopoli Murni (Pure Monopoly) merupakan bentuk pasar yang ekstrim sepeti PLN, PT. Kereta Api dan PAM.
  2. Pasar Near Monopoly ataupun yang mendekati monopoli merupakan pasar yang terdiri dari satu orang pengusaha (single producer). Contohnya merupakan penjual sate pada suatu wilayah disebut sebagai monopoli murni untuk wilayah tersebut, namun ia juga disebut near monopoly karena diluar wilayah tersebut juga ada penjual sate yang sama.
Demikian tadi penjelesan singkat tentang Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri, Jenis & Contoh Pasar Monopoli. Silahkan baca artikel lainnya tentang pasar monopoli yaitu Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli.

0 Response to "Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri, Jenis & Contoh Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel