Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli - apa itu segmentasi pasar? Pengertian Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan sikap yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu oleh karena itu nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketing mix tertentu.

Segmentasi pasar merupakan strategi suatu perusahaan untuk mengenal minat dan kebutuhan konsumen di suatu pasar yang setelah itu menciptakan produk baru (product diversification) yang sesuai dengan minat dan kebutuhan konsumen tersebut. Dengan kata lain, PASAR yang tadinya hanya satu dan luas menjadi beberapa pasar yang bersifat homogen sesudah mengalami segmentasi.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Tujuan segmentasi pasar adalah untuk membuat proses pemasaran yang lebih terencana oleh karena itu sumber daya perusahaan bisa dipakai secara efektif dan efisien.

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami tentang apa arti segmentasi pasar, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini merupakan definisi segmentasi pasar menurut para ahli:

Beberapa pakar di bawah ini mengemukakan definisi segmentasi pasar. Sebelum diambil kesimpulan dengan pemahaman masing-masing, diakhir informasi ini dikemukakan kesimpulan penulis dengan harapan memiliki kesamaan anggapan dengan para pembaca. adapun pendapat sejumlah ahli tersebut merupakan sebagai berikut:

1. Swastha & Handoko (1987)

Segmentasi pasar merupakan suatu aksi membagi pasar menjadi segmen-segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan bauran pemasaran

2. Pride & Ferrel (1995)

Segmentasi pasar juga mengandung pengertian sebagai suatu proses pembagian pasar seluruhnya menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang–orang yang secara relatif memiliki kebutuhan produk yang seragam

3. Assauri (2000)

Segmentasi pasar adalah suatu cara untuk membedakan pasar menurut golongan pembeli, cara pemakaian produk dan tujuan pembelian produk tersebut.

4. Manullang (2001)

Segmentasi pasar merupakan suatu perpaduan yang dibentuk dengan membaurkan bermacam masukan (produk, saluran pemasaran, dan sistem distribusi fisik, Man, dan harga), dalam campuran yang berbeda-beda guna mencapai output yang diinginkan (yakni sasaran), seperti laba dari investasi, bagian pasar dan citra produk.

5. Rewoldt (2001: 50)

Menyatakan bahwa segmentasi pasar terdiri dari pengaturan faktor-faktor yang bisa dikendalikan manajer pemasaran dan penyesuaian faktor-faktor yang tidak bisa dikendalikannya. aspek yang bisa dikendalikan apakah manajer pemasaran tersebut menggunakan iklan ataupun tidak, berapa banyak dan apa jenisnya. sebaliknya faktor yang tidak bisa dikendalikannya yang membatasinya, yakni terdapat dalam lingkungan di mana segmentasi itu dilaksanakan.

6. Lupiyoadi

Mengemukakan definisi segmentasi pasar merupakan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, ataupun tingkah laku, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda.

7. Wendell (2002)

Segmentasi pasar bisa diartikan sebagai proses mengelompokkan pasar seluruhnya yang heterogen menjadi kelompok ataupun segmen-segmen yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan, kemauan, sikap dan ataupun respon terhadap program pemasaran tertentu. segmentasi pasar adalah konsep pokok yang mendasari strategi pemasaran perusahaan dan alokasi sumber daya yang harus dilakukan dalam rangka mengimplementasikan program pemasaran

8. Kotler (2005)

Segmentasi pasar merupakan usaha untuk memisahkan pasar pada kelompok pembeli menurut jenis-jenis produk tertentu dan bukan barang pemasaran tertentu.

Mengacu pada pendapat para ahli di atas, maka penulis merumuskan definisi segmentasi pasar adalah sebuah proses penggolongan pasar berdasarkan golongan pembeli, cara pemakaian produk, tujuan pembelian, jenis produk, campuran yang dibentuk dalam pemasaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemasaran. Demikian informasi singkat Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli semoga ilmu ini bermanfaat!

0 Response to "Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel