Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Jenis Dan Manfaatnya

Pengertian Segmentasi Pasar - Inilah jawaban dari pertanyaan jelasakan pengertian segmentasi pasar. Apakah anda tau apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Pengertian segmentasi pasar adalah pengelompokkan konsumen sesuai dengan ciri dan kebutuhan tertentu. Arti segmentasi pasar disesuaikan dengan tingkah laku maupun perilaku dari konsumen terkait suatu produk yang ada di pasar. Tujuan segmentasi pasar antara lain agar penjualan produk lebih tertarget pada kelompok tertentu.

Seperti diketahui bahwa masyarakat sangat heterogen oleh karena itu pembuatan produk harus memiliki sasaran segmen tertentu. Hal ini membuat segmentasi pasar dibutuhkan untuk sasaran dan rencana pemasaran produk pada kelompok masyarakat tertentu yang lebih homogen.

pengertian segmentasi pasar

Dasar-dasar segmentasi pasar ditentukan oleh beberapa hal, mulai dari kondisi demografi, letak geografis, tingkah laku hingga hal-hal yang lain. Variabel yang dipakai juga harus memenuhi kriteria tertentu, contohnya harus bisa diukur dan bisa dibedakan satu sama lain.

Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian segmentasi pasar secara umum adalah pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Definisi segmentasi pasar juga bisa diartikan pengidentifikasian analisis perbedaan para pembeli di pasar.

Dalam teori ilmu ekonomi, segmentasi pasar menjadi salah satu instrumen penting dalam membuat dan memasarkan suatu produk. Dalam ilmu marketing maupun pemasaran, peran segmentasi pasar sangat penting untuk kesuksesan suatu produk dari perusahaan tertentu.

Tujuan Segmentasi Pasar

Berikut adalah beberapa tujuan dan manfaat segmentasi pasar secara umum yang didapat, baik bagi penjual maupun produsen lengkapnya.
  1. Pasar menjadi lebih mudah dibedakan
  2. Pelayanan menjadi lebih baik dan tepat
  3. Strategi pemasaran dan promosi menjadi lebih terencana
  4. Mendapatkan peluang baru di masyarakat
  5. Desain produk menjadi lebih pas
  6. Strategi komunikasi lebih efektif dan efisien
  7. Bisa mengetahui kompetitor dengan segmen yang sama
  8. Evaluasi sasaran dan rencana bisnis lebih akurat
  9. Kesempatan pasar dimiliki oleh penjual maupun produsen
  10. Alokasi anggoran bisa disesuaikan agar lebih efisien
  11. Pengaturan produk dan daya tarik pemasaran bisa direncanakan
  12. Kemampuan penyaluran modal usaha lebih besar

Kriteria dan Dasar-Dasar Segmentasi Pasar

Ada beberapa syarat dan kriteria segmentasi pasar yang harus dipenuhi. Berikut adalah kriteria dan dasar-dasar segmentasi pasar selengkapnya.
  • Bisa diukur (measurable), segmen pasar seperti ukuran maupun daya beli harus bisa diukur dengan jelas.
  • Bisa dicapai (accesible), segmen pasar harus bisa dicapai dan dijangkau.
  • Cukup besar (substantial), segmen pasar harus terdiri dari kelompok homogen yang cukup besar dan bernilai.
  • Bisa dibedakan (differentiable), segmen pasar harus dibedakan satu sama lain dengan jelas.
  • Bisa dilaksanakan (actionable), segmen pasar harus bisa dilayani secara efektif oleh produsen.

Jenis-Jenis Segmentasi Pasar

Terdapat beberapa pengelompokkan segmentasi pasar yang didasarkan pada segmen tertentu. Berikut adalah pembagian golongan dan jenis-jenis segmentasi pasar beserta uraian lengkapnya.

1. Segmentasi Pasar Berdasarkan Geografi

Segmentasi pasar ini didasarkan pada letak geografisnya dan dipisah ke dalam beberapa bagian geografi seperti negara, wilayah, kota dan desa. wilayah geografi yang dipandang potensial dan menguntungkan akan menjadi sasaran operasi perusahaan menjual produk.

2. Segmentasi Pasar Berdasarkan Demografi

Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi demografinya. Pada segmentasi pasar ini dipecah dan diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok demografi dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin, tingkatan ekonomi maupun tingkatan pendidikan konsumen.

3. Segmentasi Pasar Berdasarkan Psikografi

Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi psikografinya. Dalam segmentasi pasar ini akan menelaah gimana konsumen dengan segmen demografi tertentu merespon suatu stimuli pemasaran.

4. Segmentasi Pasar Berdasarkan Sosial-Budaya/Sociocultural

Segmentasi pasar ini didasarkan pada kondisi sosial-budaya. Biasanya segmentasi pasar ini memiliki variabel seperti sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) dipecah dalam segmen yang sesuai tahap pada:
  • Daur hidup keluarga
  • Kelas sosial
  • Budaya dan sub budaya
  • Lintas budaya maupun segmentasi pemasaran global

5. Segmentasi Pasar Berdasarkan hubungan Secara Ekstrim

Segmentasi pasar ini adalah bentuk efektif segmentasi bagi pemakaian merk tertentu secara ekstrem, contohnya saja seperti:
  • Tingkat pemakaian: beda segmentasi terletak pada pengguna berat, pengguna sedang, dan pengguna ringan. Bukan pengguna sebuah produk, jasa, maupun merk khusus.
  • Tingkat pemahaman: pemahaman konsumen pada produk, kesiapan membeli produk, maupun apakah konsumen membutuhkan info tentang produk tersebut.
  • Loyalitas merk: Loyalitas konsumen pada merk dijadikan perusahaan sebagai identifikasi karakteristik konsumen di mana mereka bisa langsung menjadi pendukung promosi ke orang dengan karakteristik yang sama namun dengan populasi yang lebih besar.

6. Segmentasi Pasar Berdasarkan situasi pemakaian

Segmentasi pasar ini didasarkan pada suatu situasi tertnetu yang menjadi kesempatan bagi konsumen akan membeli ataupun mengonsumsi suatu produk. Segmentasi ini dibuat untuk membantu perusahaan memperluas pemakaian produknya yang dijual.

7. Segmentasi Pasar Berdasarkan Benefit/Keuntungan

Segmentasi pasar ini didasarkan sesuai dengan menfaat yang dicari dari produk. Secara umum segmentasi pasar ini didasarkan pada lima keuntungan produk yang utama yaitu:
  1. Fungsional
  2. Nilai uang
  3. Manfaat sosial
  4. Manfaat emosi positif
  5. Manfaat emosi negatif

8. Segmentasi Pasar Hybrid/campuran

Pada segmentasi pasar ini dibentuk berdasarkan campuran beberapa variabel segmen yang membentuk sebuah segmen tunggal. contohnya merupakan segmen geodemografis, sangat bermanfaat untuk mendapatkan prospek terbaik bagi seorang pengiklan maupun pemasar dalam menemukan karakter, tujuan, dan ketertarikan sesuai dengan tempat tinggal konsumen.

9. Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkah Laku

Pada segmentasi pasar ini dikelompokkan berdasarkan pengetahuan, sikap, pemakaian maupun reaksi pembeli terhadap suatu produk. Singkatnya segmen ini membedakan konsumen berdasarkan tingkah lakunya pada sebuah produk tertentu.

Baca juga : Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Itulah informasi tentang Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Jenis dan Manfaatnya semoga bermanfaat. Terus kunjungi kami setiap hari untuk mendapatkan postingan terbaru.

0 Response to "Pengertian Segmentasi Pasar, Tujuan, Jenis Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel